(Chinese Taipei Masters 2016) Edi/Richi Belum Berhasil Balas Kekalahan

(Taipei, 13/10/2016)

Pasangan ganda campuran Edi Subaktiar/Richi Puspita Dili masih menyimpan rasa penasaran untuk mengalahkan Danny Bawa Chrisnanta/Citra Putri Sari Dewi, wakil Singapura. Dalam dua kejuaraan berturut-turut, langkah Edi/Richi selalu dihentikan oleh mereka.

Pekan lalu, Edi/Richi juga ditaklukkan Danny/Citra di ajang Thailand Open Grand Prix Gold 2016, dengan skor 21-8, 20-22, 18-21. Di babak 16 besar Chinese Taipei Masters 2016, Edi/Richi kembali takluk dengan skor 11-13, 9-11, 7-11.

Pada pertandingan yang berlangsung siang ini di Hsing Chuang Gymnasium, Edi/Richi memang bermain dibawah tekanan. Smash keras dari Danny seringkali membelah pertahanan Edi/Richi. Kesalahan-kesalahan beruntun juga sering dilakukan Edi/Richi, terutama pada game ketiga.

“Penampilan kami memang kurang konsisten, kurang maksa. Ini kan game dengan sistem skor 11, jadi poin tujuh itu sangat krusial, seharusnya kami lebih konsisten,” kata Edi mengomentari penampilannya dan Richi.

“Perbedaan sistem skor tentu ada pengaruhnya dengan permainan kami. Kalau poin 11 sebisa mungkin harus dapat kesempatan menyerang duluan, kalau sudah main bertahan di pembukaan, memang agak berat,” ujar Richi kepada Badmintonindonesia.org.

Pasangan yang baru diduetkan ini mengaku banyak hal yang mesti mereka perbaiki. Dituturkan Richi, ia dan Edi harus lebih banyak berlatih rotasi masing-masing dalam pertandingan. Sedangkan Edi masih berupaya untuk menyesuaikan pola permainannya dengan Richi.

“Kalau partner dengan Richi, gaya mainnya beda sama waktu berpasangan dengan Gloria (Emanuelle Widjaja). Sekarang lebih banyak menyerang, kalau dengan Gloria kan dimulai dari main bertahan. Jadi saya harus mempertajam serangan, power lebih ditambah dan daya tahan ditingkatkan lagi,” beber Edi ketika ditanya soal evaluasi penampilannya.

Dengan hasil ini, maka Indonesia tinggal menyisakan satu wakil ke babak perempat final lewat pasangan Riky Widianto/Gloria Emanuelle Widjaja. Riky/Gloria berhasil lolos ke putaran delapan besar usai menundukkan Ho Wai Lun/Yuen Sin Ying (Hong Kong), dengan skor 7-11, 11-7, 11-7, 11-4.

Hasil sementara babak kedua Chinese Taipei Masters 2016 dapat dilihat di sini. (*)