(Chinese Taipei Masters 2016) Kalah Cepat, Bayu Ditaklukkan Lawan

(Taipei, 12/10/2016)

Muhammad Bayu Pangisthu harus merelakan tiket babak ketiga Chinese Taipei Masters 2016 direbut oleh Tan Chun Seang, pemain tunggal putra Malaysia. Dalam laga yang berlangsung di Hsing Chuang Gymnasium ini, Bayu dikalahkan Tan dengan skor 5-11, 4-11, 9-11.

Pertandingan berlangsung dalam waktu 21 menit. Bayu mengaku belum berdaptasi dengan sistem skor 11 yang digunakan di turnamen ini. Sistem ini memang belum digunakan secara merata di seluruh turnamen. Berbeda dengan sistem skor sebelumnya dengan poin 21, kali ini, pemain harus memenangkan setidaknya tiga game yang berakhir di tiap poin 11.

 “Saya kaget dengan sistem skor poin 11, sebelumnya saya tidak pernah bertanding atau latihan dengan sistem ini. Pertandingan rasanya cepat sekali, saya membuat beberapa kesalahan dan tiba-tiba sudah mau game, biasanya di angka 11 itu interval, bukan akhir game,” ujar Bayu menanggapi kekalahannya.

 “Di game pertama, saya masih membaca permainan lawan dan menyesuaikan dengan kondisi lapangan. Lawan juga langsung menerapkan permainan keras dan cepat, saya memang kewalahan. Saat saya mau main serang di game kedua, saya malah banyak melakukan kesalahan sendiri,” tuturnya.

 “Saya mulai menemukan permainan saya di game ketiga, namun saya masih kurang cepat, dan tau-tau sudah game,” jelas Bayu.

Sebelumnya, Krishna Adi Nugraha terhenti di babak pertama dari Lu Chia Hung dengan skor 4-11, 8-11, 13-11, 11-7, 4-11. Tiga wakil lainnya juga gagal melewati babak pertama, mereka adalah Wisnu Yuli Prasetyo, Yehezkiel Fritz Mainaky dan Nathaniel Ernestan Sulistyo. Saat berita ini diturunkan, Kho Henrikho Wibowo tengah bertanding menghadapi wakil tuan rumah, Hsueh Hsuan Yi. Sementara Firman Abdul Kholik bakal berhadapan dengan Daren Liew dari Malaysia, dan Shesar Hiren Rhustavito melawan Lo Chi Yu (Taiwan).

Hasil sementara babak pertama turnamen Chinese Taipei Masters 2016 dapat dilihat di sini. (*)