(Blibli.com Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2016) Kalahkan Asqar, Akbar Juara

(Kudus, 9/10/2016)

Dalam tempo 39 menit, Muhamad Akbar Firdaus akhirnya berhasil mengklaim gelar juara Blibli.com Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2016. Pebulutangkis besutan Exist Jakarta ini berhasil menjadi juara setelah mampu mengatasi perlawanan wakil Indonesia asal PB Djarum, Muh Asqar Harianto.

Di laga partai puncak yang digelar di GOR Djarum Jati, Kudus pada Minggu (9/10) siang, Akbar berhasil mendominasi perolehan angka. Sejak pertandingan dimulai, Akbar yang diunggulkan ditempat kedua ini berhasil terus memimpin dan akhirnya menutup laga dengan kemenangan 21-15 dan 21-15.

“Tentu saya senang akhirnya bisa juara. Ini pertama kalinya saya ikut turnamen se-Asia dan bisa menang,” ujar atlet yang lahir 18 April 2002 ini.

“Di pertandingan tadi saya lebih bermain lebih sabar dan lebih fokus, sementara saya lihat Asqar malah banyak mati sendiri, ini menjadi keuntungan untuk saya. Saya juga senang, akhirnya bisa menang untuk pertama kali dari Asqar, sebelumnya saya bertemu di turnamen tingkat nasional saya kalah,” tambahnya.

Hal ini pun memang diakui oleh Asqar. Pebulutangkis yang di semifinal berhasil menundukkan unggulan teratas ini justru tampil diluar permainan terbaiknya. “Hari ini saya memang terlalu banyak melakukan kesalahan sendiri. Saya cukup puas dengan perjalanan saya di turnamen ini, meskipun saya masih kecewa tentunya karena masih belum bisa memberikan yang terbaik di sini,” ungkap Asqar.

Bagi Akbar, ini adalah gelar internasional keduanya. Sebelumnya ia pun sukses menjadi juara di Jakarta Open Junior International 2016.

Sementara itu, gelar yang dipersembahkan oleh Akbar ini menjadi gelar pertama bagi Indonesia. Sebelumnya wakil Indonesia asal PB Djarum, Rian Cannavaro/Shelandry Vyola dipaksa harus menjadi runner up. Di partai puncak mereka dipaksa mengakui keunggulan Ko Shing Hei/Lui Lok Lok, unggulan pertama asal Hong Kong dengan 21-11 dan 21-18. (*)