(Blibli.com Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2016) Hentikan Unggulan Pertama, Asqar ke Final!

(Kudus, 8/10/2016)

Turnamen bergengsi atlet muda Blibli.com Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2016 mendekati babak akhir. Wakil tuan rumah, Muh Asqar Harianto berhasil lolos ke partai puncak setelah mengantongi kemenangan di laga Sabtu (8/10) siang.

Berhadapan dengan wakil Hong Kong, Ko Shing Hei, Asqar dipaksa menelan kekalahan di game pembuka dengan 15-21. Namun, atlet yang lahir di Maros ini tak tinggal diam, ia langsung menggebrak di game kedua. Unggul 8-0 dan 11-3 di interval. Tak memakan waktu lama, Asqar pun memaksakan untuk memainkan game ketiga setelah menang 21-9.

Pertarungan ketat terjadi di sepanjang game ketiga. Angka kembar terus terjadi hingga kedudukan 10-10. Asqar berhasil unggul tipis 11-10 di interval. Setelah berpindah tempat, atlet yang lahir 4 Februari 2003 ini tak mengizinkan sang lawan untuk menyamakan angka. Ia pun berhasil menciptakan match point di kedudukang 20-16. Sempat kehilangan dua angka, Asqar menutup laga ini dengan smes silang yang gagal dikembalikan oleh Ko, 21-18.

“Di game pertama saya masih agak tegang, mungkin ini pengaruh penonton juga saya jadi sempat agak tegang. Jadi saya nggak pegang permainan, dan ikut permainan dia,” ujar Asqar usai laga.

“Di game kedua dan ketiga saya belajar banyak dari apa yang terjadi di game pertama. Game pertama saya banyak buang bola dan belum bisa mengontrol pukulan, dan saya juga lebih percaya diri di game kedua dan ketiga,” tambah atlet binaan PB Djarum itu

Di babak final yang akan digelar besok (9/10), Asqar akan berhadapan dengan wakil Indonesia lainnya asal Exist Jakarta, Muhammad Akbar Firdaus. Unggulan dua ini berhasil menang setelah melalui laga ketat atas Liao Jhuo-Fu asal Taiwan. Ia menang dengan 30-28 dan 21-13.

“Untuk pertandingan besok saya akan mencoba untuk bermain lebih baik sejak awal, dan saya akan berusaha semaksimal mungkin,” pungkasnya.

Sementara itu di nomor tunggal putri U17, satu-satunya wakil tuan rumah, Savira Sandradewi kembali dipaksa mengakui keunggulan wakil Thailand, Pattarasuda Chaiwan. Ia menyerah 16-21 dan 15-21 atas unggulan teratas itu. (*)