(Thailand GP Gold 2016) Lewati Laga Sengit, Rian/Fajar ke Semifinal

(Bangkok, 7/10/2016)

Muhammad Rian Ardianto/Fajar Alfian menyusul senior mereka, Rian Agung Saputro/Berry Angriawan, ke babak semifinal Thailand Open Grand Prix Gold 2016. Tak seperti Rian/Berry yang melenggang mudah ke semifinal, Rian/Fajar mesti kerja keras untuk menundukkan Lee Jhe Huei/Lee Yang dari Taiwan, dengan skor 13-21, 29-27, 21-19.

Rian/Fajar tak dapat berbuat banyak di game pertama, bahkan mereka hanya mendapat 3 poin di interval game pertama. Permainan cepat dan keras dari Duo Lee ini ternyata membuat Rian/Fajar kesulitan.

Di game kedua, pertarungan tetap berlangsung sengit. Lee/Lee terus menggempur pertahanan Rian/Fajar dengan sabetan-sabetan yang begitu cepat. Namun Rian/Fajar sudah lebih siap, mereka meredam permainan cepat yang diterapkan lawan hingga mampu menyamakan kedudukan dari 20-20 hingga 27-27.

“Kami memang kaget, lawan bermain cepat terus, tidak ada jedanya. Kami jadi panik sendiri. Saya di depan juga kurang siap, banyak bola-bola yang lewat dari cegatan saya,” kata Fajar soal pertandingan.

“Di game kedua, kami mencoba untuk mengganti strategi permainan. Mau tidak mau, kami harus bermain no lob, karena kalau angkat bola pasti disamber terus sama lawan. Saat adu setting sampai angka 29, kuncinya kami cuma fokus saja,” beber Rian.

“Lebih baik hari ini kami menang dengan sengit, daripada menang mudah tetapi tidak siap di babak selanjutnya,” tambah Fajar.

Tantangan selanjutnya sudah menanti Rian/Fajar. Pasangan asal Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko akan menjadi lawan Rian/Fajar di babak semifinal. Di pool bawah, pasangan Rian Agung Saputro/Berry Angriawan akan berhadapan dengan Lim Khim Wah/Ong Jian Guo (Malaysia). Hal ini membuat Indonesia berpeluang menciptakan partai all Indonesian final. (*)