(Thailand GP Gold 2016) Riky/Gloria Belum Mampu Bayar Kekalahan

(Bangkok, 6/10/2016)

Tiga kali bertanding, tiga kali pula pasangan ganda campuran Riky Widianto/Gloria Emanuelle Widjaja harus terhenti di tangan Tan Meng Kian/Lai Pei Jing (Malaysia). Pasangan Indonesia ini kembali ditundukkan Tan/Lai yang merupakan unggulan ketiga di ajang Thailand Open Grand Prix Gold 2016, dalam dua game langsung, 19-21, 18-21.

Tiga kekalahan yang dialami Riky/Gloria terjadi di kejuaraan Taipei Open Grnd Prix Gold 2016, Indonesian Masters 2016 serta Thailand Open Grand Prix Gold 2016 yang kini tengah berlangsung di Bangkok.

Faktor non teknis diklaim Riky/Gloria sebagai penyebab utama kekalahan mereka.

“Kami kurang sabar dan konsentrasinya belum bisa konsisten. Pertama-tama kami bisa mengatasi mereka dan memimpin perolehan angka. Tetapi waktu lawan hampir mengejar, kami panik dan berubah pola mainnya. Padahal belum terkejar poinnya, baru mendekati saja, tetapi kami sudah panik,” ujar Gloria setelah pertandingan.

“Tan adalah mantan pemain tunggal, jadi dia bisa mengatur bola satu-satu dari belakang lapangan. Sedangkan kami tipe permainannya no lob cepat, seharusnya kami jangan terbawa permainan lawan,” kata Riky kepada Badmintonindonesia.org.

“Kami sudah berdiskusi dengan pelatih setelah pertandingan tadi. Ini adalah masalah karakter, kami harus mengubahnya, kami harus bisa mengatur fokus di lapangan dan fokusnya harus bisa konsisten,” ungkap Gloria yang didampingi pelatih Nova Widianto. 

Riky menambahkan, mereka harus kembali melakukan evaluasi di saat latihan. Selain soal fokus, Riky pun berharap ia dan Gloria bisa bermain lebih sabar dan tidak terburu-buru.

Saat berita ini diturunkan, Indonesia sementara sudah mengirim dua wakil ke perempat final. Wakil pertama yang lolos adalah pasangan ganda putra Muhammad Rian Ardianto/Fajar Alfian yang mengalahkan rekan sepelatnas, Hardianto/Kenas Adi Haryanto, dengan skor 21-14, 18-21, 21-16.

Sementara satu tempat di perempat final diamankan wakil dari tunggal putri yaitu pemenang antara Dinar Dyah Ayustine dan Ruselli Hartawan.

Pasangan ganda campuran Rafiddias Akhdan Nugroho/Masita Mahmudin dihadang wakil tuan rumah yang juga unggulan kedua, Puavaranukroh Dechapol/Sapsiree Taerattanachai, dengan skor 17-21, 15-21.

Hasil sementara babak kedua Thailand Open Grand Prix Gold 2016 dapat diakses di sini. (*)