(Thailand GP Gold 2016) Terburu-buru, Edi/Richi Ditaklukkan Lawan

(Bangkok, 5/10/2016)

Kemenangan mudah di game pertama, membuat Edi Subaktiar/Richi Puspita Dili tak dapat menjaga tempo permainan di game kedua kejuaraan Thailand Open Grand Prix Gold 2016. Pasangan unggulan kedelapan ini akhirnya harus mengakui keunggulan lawan, Danny Bawa Chrisnanta/Citra Putri Sari Dewi (Singapura), dengan skor 21-8, 20-22, 18-21.

Penampilan Edi/Richi memang begitu meyakinkan di game pertama. Serangan bertubi-tubi serin dilancarkan Edi/Richi, terutama kearah Citra yang memang menjadi incaran mengingat Danny merupakan pemain yang lebih senior.

Namun di game kedua, Edi/Richi seperti tak siap mengantisipasi perubahan permainan lawan. Danny/Citra balik mengambil alih irama permainan dan unggul dalam perolehan angka. Edi/Richi berusaha untuk mengejar ketertinggalan mereka hingga akhirnya bisa menyamakan kedudukan menjadi 20-20 dan terpaksa terjadi setting.

Namun kesalahan-kesalahan sendiri yang dilakukan Edi/Richi membuat Danny/Citra membuka peluang untuk menang. Di game penentuan, Danny/Citra semakin percaya diri, mereka meninggalkan Edi/Richi hingga 18-14 dan akhirnya merebut kemenangan.

“Memang ada perubahan permainan dari lawan pada game kedua. Seharusnya dari awal game kedua kami sudah menekan. Mungkin ada pengaruhnya juga kami menang mudah di game pertama, jadi kurang antisipasi di game kedua,” jelas Richi yang ditemui di National Stadium.

“Hari ini kami memang kurang tenang dan terburu-buru mainnya. Kami tidak bisa mengontrol arah bola, seharusnya kemana malah kemana. Pada game kedua, lawan mencoba mengungguli perolehan angka terus, mereka tidak mau ketinggalan jauh seperti di game pertama,” jelas Edi yang baru berpasangan dengan Richi di dua turnamen. Sebelumnya mereka bertanding di Yonex-Sunrise Indonesian Masters 2016.

“Kami harus lebih kompak lagi. Sekarang kami kalah di babak pertama, tetapi kami harus tetap semangat dan jangan sampai down,” pungkas Richi.

Tim pelatnas mengirim empat wakil ganda campuran ke turnamen ini. Sebelumnya, pasangan Riky Widianto/Gloria Emanuelle Widjaja berhasil melaju ke babak kedua setelah mengalahkan Pachaarapol Nipornram/Ruethaichanok Laisuan (Thailand), dalam dua game langsung dengan skor 23-21, 21-13. Sementara pasangan Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika terhenti di tangan Ko-Chi Chang/Hsin Tien Chang (Taiwan), setelah bertanding tiga game, 17-21, 21-14, 17-21.

Pasangan Rafiddias Akhdan/Masita Mahmudin dijadwalkan bertanding petang ini pukul 17.45 waktu setempat, melawan Pakin Kuna-Anuvit/Kwanchanok Sudjaipraparat (Thailand). (*)