(PON XIX JAWA BARAT 2016) Jawa Barat Bidik Tiga Medali Emas

(Cirebon, 19/9/2016)

Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat 2016 resmi dibuka pada Sabtu (17/9) lalu. Presiden Joko Widodo secara resmi membuka pesta olahraga nasional empat tahunan ini di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Sementara di Cirebon, warga pecinta bulutangkis tentu seakan mendapat kesempatan emas. Pemain-pemain bulutangkis terbaik tanah air akan turun di GOR Bima, Cirebon membela provinsi masing-masing. 

Jawa Barat sebagai tuan rumah sekaligus unggulan teratas di nomor beregu baik putra maupun putri sukses mengantongi kemenangan di laga perdana. Tim putra Jawa Barat berhasil menang 4-1 atas tim Sumatera Utara, sementara tim putri berhasil menang telak 5-0 atas Sumatera Utara.

“Hasil hari ini cukup menggembirakan, meskipun di beregu putra kami kehilangan angka dari tunggal pertama kami. Anthony Ginting kalah, tetapi memang lawannya juga sama-sama di Pelatnas dan bagus,” ujar manajer tim Jawa Barat, Yudi Diharja.

Sebagai tuan rumah, tim bulutangkis Jawa Barat ditargetkan untuk bisa merebut tiga medali emas. “Target dari KONI Jawa Barat tiga medali emas. Tapi nanti kita lihat di lapangan, step by step saja. Sekarang beregu dulu, kami tentu optimis untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Kami rasa pesaing terkuat kami masih DKI Jakarta, mereka unggulan kedua. Siapapun yang akan menjadi lawan kami setelah fase grup ini, kami akan siap hadapi. Kami tidak akan memilih lawan,” pungkasnya.

Setelah laga perdana, tim putra Jawa Barat yang tergbung di grup A dan tim putri yang tergabung di grup C sama-sama berada di urutan kedua klasemen sementara di bawah Jawa Tengah. Klasemen sementara beregu putri Grup C bisa diakses di sini, sementara untuk klasemen beregu putra grup A bisa diakses di sini. (*)