(Jaya Raya Junior GP 2016) Empat Gelar Sudah di Tangan

(Tangerang, 17/9/2016)

Gelar juara ganda putra Pembangunan Jaya Raya Yonex Sunrise Junior Grand Prix 2016 akhirnya juga dipastikan milik Indonesia. Pasangan Andika Ramadiansyah/Rinov Rivaldy menjadi penentu tiket final kedua ganda putra untuk tim tuan rumah, usai menekuk Zi Heng Ooi/Wooi Yik Soh (Malaysia), dengan skor 21-10, 21-19.

Satu tempat di final sudah lebih dulu diamankan lewat partai ‘perang saudara’ antara Muhammad Fachrikar/Bagas Maulana dan Rizki Adam/Calvin Kristanto yang akhirnya dimenangkan langsung oleh Fachrikar/Bagas dengan skor 21-13, 21-14.

“Sebelumnya saya dan Andika bermain rangkap di ganda campuran dan pertandingan kami cukup sengit. Tenaga dan fisik kami agak terkuras,” ungkap Rinov.

“Pada game pertama, kami mencoba untuk menekan lawan lebih dulu, tetapi di game kedua kami kendor karena tenaga terkuras tadi. Jadi saat itu kami coba bermain lebih pintar, banyak ‘nyolong’ disaat poin kritis. Kekuatan kami dan pasangan Malaysia ini memang seimbang, kelasnya beda tipis, mereka juga akan bermain di WJC 2016,” jelas Rinov.

Hanya gelar tunggal putri yang lolos dari genggaman, pemain asal Korea, Kim Ga Eun dan Yeo Jia Min dari Singapura, akan saling berhadapan untuk memperebutkan titel tunggal putri.

Sementara di ganda putri, pasangan Virni Putri Jafar/Pitha Haningtyas Mentari bakal berjumpa sesama pasangan Indonesia, Monika Insani/Dianita Saraswati.

Dua pasangan anggota tim Indonesia untuk Word Junior Championships 2016, Rinov Rivaldy/Apriani Rahayu dan Andika Ramadiansyah/Vania Arianti Sukoco, akan adu kemampuan demi titel juara ganda campuran.

“Kami akan main nothing to lose saja, karena berhadapan dengan teman sendiri. Tidak boleh terlalu pede juga, karena ini bisa jadi bumerang buat kami. Peluangnya 50-50, kami sama kuat,” tutur Vania soal pertandingan final.

Pertandingan final akan berlangsung besok, Minggu (18/9), mulai pukul 11.00 WIB, dibuka dengan partai kelompok usia U-15 dan U-17. Berikut daftar pertandingan partai final Pembangunan Jaya Raya Yonex Sunrise Junior Grand Prix 2016 kelompok usia U-19:

Ganda Campuran

Rinov Rivaldy/Apriani Rahayu (2/INA) dan Andika Ramadiansyah/Vania Arianti Sukoco (3/INA)

Tunggal Putra

Gatjra Piliang Fiqilahi Cupu (INA) vs Chicco Aura Dwi Wardoyo (5/INA)

Ganda Putra

Andika Ramadiansyah/Rinov Rivaldy (2/INA) vs Muhammad Fachrikar/Bagas Maulana (4/INA)

Tunggal Putri

Yeo Jia Min (4/SIN) vs Kim Ga Eun (3/KOR)

Ganda Putri

Virni Putri Jafar/Pitha Haningtyas Mentari (INA) vs Monika Insani/Dianita Saraswati (INA)