(Yonex-Sunrise Indonesian Masters 2016) Bayu Terhenti Di Perempat Final

(Balikpapan, 9/9/2016)

Setelah dua kali membuat kejutan, langkah Muhammad Bayu Pangisthu akhirnya harus terhenti di perempat final Yonex-Sunrise Indonesian Masters 2016. Bayu kalah usai menghadapi Huang Yuxiang, Tiongkok, 6-21 dan 19-21.

Penampilan Bayu di Balikpapan ini sempat membuat kejutan. Setelah lolos dari babak pertama, Bayu mengalahkan rekannya yang menjadi unggulan empat, Jonatan Christie.

Kemudian di babak tiga, Bayu juga sukses memulangkan Xue Song, atlet Tiongkok. Bayu menang dua game langsung dengan 21-14 dan 22-20.

Namun sayang di babak perempat final hari ini (9/9), Bayu harus menyerah. Di game pertama Bayu kalah telak dengan 6-21.

Baru di game kedua, Bayu menunjukkan kebolehannya. Ia memimpin perolehan angka dengan 10-6, 17-13 dan 19-16. Tapi setelah itu, langkah Bayu seolah terkunci. Huang bangkit mengejar dan membalikkan posisi dengan lima poin berturut-turut. Bayu kalah 19-21.

“Kemarin setelah lawan Xue Song, saya belum benar-benar pulih. Jadi di pertandingan ini saya nggak percaya sama keadaan saya sendiri, dengan keadaan yang sakit-sakit badannya. Makanya pas pertama saya kurang greget dan takut-takut,” kata Bayu.

“Saya ngasih bola yang menguntungkan dia, secara nggak sadar saya lakukan secara berulang,” tambahnya.

Meski kalah, Bayu merasa cukup puas dengan penampilannya kali ini. 

“Secara umum saya puas karena bisa mencapai target saya di delapan besar. Apalagi kemaren saya juga lawan pemain yang rangkingnya di atas saya. Tapi dari sini saya juga dapat banyak pelajaran lagi untuk meningkatkan segi non teknis saya,” ujar Bayu.

Indonesia masih punya kesempatan untuk mengirim wakil tunggal putra ke semifinal. Setelah ini masih ada Ihsan Maulana Mustofa yang akan berhadapan dengan Zhao Jun Peng, Tiongkok. Ihsan dijadwalkan turun tanding pukul 20.35 WITA. 

Hasil pertandingan babak perempat final Yonex-Sunrise Indonesian Masters 2016 selengkapnya bisa diakses di sini. (*)