(Djarum Sirnas Li Ning Sumatera Utara Open 2016) Tri Kusuma/Suci Rizki Tundukan Unggulan Teratas

(Medan, 25 Agustus 2016)

Kejutan tersaji di hari kelima Djarum Sirkuit Nasional (Djarum Sirnas) Li Ning Sumatera Utara Open 2016 pagi tadi, Kamis (25/8). Dimana partai perebutan tiket semifinal ganda campuran dewasa yang mempertemukan unggulan pertama asal PB Djarum Kudus, Fran Kurniawan/Komala Dewi kontra pasangan gado-gado Tri Kusuma Wardana/Suci Rizki Andini (PB Exist Jakarta/PB Mutiara Cardinal Bandung), berhasil dimenangkan oleh Tri Kusuma/Suci.

Keunggulan Tri Kusuma/Suci di pertandingan tadi sudah terlihat sejak dimulainya laga game pertama. Keduanya terus mampu memimpin angka demi angka atas lawannya yang merupakan unggulan pertama tersebut. Meski pertandingan sempat ketat, namun akhirnya kemenanganpun mampu di pastikan Tri Kusuma/Suci dengan kemenangan dua game langsung 21-13 dan 21-17.

“Kunci kemangan tadi kami bermain fokus, tidak banyak melakukan kesalahan sendiri, dan bermain enjoy,” kata Tri Kusuma usai laga.

“Tadi saya sih bermain bebas saja tanpa beban, soalnya kan saya memang sebenarnya gak bisa main ganda campuran, karena saya memang pemain belakang kalau di ganda putri juga. Jadi kalau main ganda campuran tuh kadang suka kagok soalnya harus banyak di depan, dan pasangan saya yang banyak di belakang. Tetapi tadi saya dan pasangan saya bermain bebas saja mau banyak di depan ataupun di belakang yang penting kami harus siap,” ungkap Suci.

Tri Kusuma/Suci sendiri baru awal tahun 2016 ini berpasangan. Debut pertama kalinya mereka yakni di Djarum Sirnas seri pertama yang berlangsung di Banjarmasin. Kala itu mereka harus terhenti di babak perempat final usai takluk di tangan pasangan PB Jaya Raya Jakarta, Irfan Fadhillah/Weni Anggraeni 19-21 dan 17-21.

Absen di seri kedua, Kemudian di seri ketiga Djarum Sirnas Premier Jakarta Open 2016 keduanya lagi-lagi terhenti di perempat final setelah kalah dari pasangan asal PB Djarum Kudus, Akbar Bintang Cahyono/Vita Marissa dengan 20-22 dan 12-22.

Kembali absen di seri keempat, Terakhir keduanya berlaga di seri kelima Djarum Sirnas Jawa Barat Open 2016 beberpa pekan lalu. Kala itu mereka harus kalah terlebih dahulu di babak kedua, setelah tak kuasa meladeni perlawanan Didit Juang Indrianto/Keshya Nurvita Hanadia (Trikus Badminton Academy/Berkat Abadi, Banjarmasin) dengan kekalahan 21-17 13-21 dan 19-21.

“Ini semifinal pertama bagi kami, untuk pertandingan semifinal nanti kami akan main sebagus mungkin,”ucap Tri Kusuma.

“Meskipun disini saya tetap fokus pada ganda putri, taoi ganda campuran pun saya akan main maksimal apalagi sudah masuk semifinal,” tutup Suci.

Di laga semifinal besok, Jumat (26/8) Tri Kusuma/Suci akan menantang pasangan asal Pertamina Fastron, Yohanes Rendy Sugiarto/Dian Fitriani.

Sementara itu, tak hanya unggulan pertama saja yang tumbang. Unggulan kedua ganda campuran dewasa pun nampaknya harus terhenti di laga perempat final pagi  tadi. Yakni pasangan Berkat Abadi Banjarmasin, Ardiansyah Putra/Devi Tika Permatasari yang takluk di tangan pasangan dari PB Jaya Raya Jakarta Agripina Primarahmanto Putera/Anneke Feinya Agustine 11-21 dan 19-21.

Di sisi lain, pada nomor ganda dewasa putri, Suci yang berpasangan dengan Yulfira Barkah akan melakoni laga perempat final malam nanti, melawan pasangan dari PB Djarum Kudus, Della Augustia Surya/Komala Dewi.

Tri Kusuma pun yang juga bermain di nomor ganda dewasa putra bersama pasangannya Willian Astan, akan melakoni laga babak perempat final malam nanti, menghadapi Jaya Raya Jakarta, Danang Dwi Septiadi/Muhammad Rydho Akbar. (*)