(Djarum Sirnas Li Ning Sumatera Utara Open 2016) Tunggal Putra Tiongkok Singkirkan Unggulan

(Medan, 24 Agustus 2016)

Laga sengit terjadi di partai perebutan tiket perempat final tunggal taruna putra, pada ajang Djarum Sirkuit Nasional (Djrum Sirnas) Li Ning Sumatera Utara Open 2016 yang berlangsung sore tadi, Rabu (24/8), yang mempertemukan wakil Tiongkok, Sheng Xiao Dong kontra unnggulan empat asal PB Exist Jakarta, Fathurrahman Fauzi.

Pertandingan berlangsung alot sejak game pertama. Kejar mengejar angka sering terjadi di game pembuka tersebut, sampai akhirnya kemenangan di game pertama pun berhasil lebih dulu di curi oleh Fathur dengan keunggulan 21-17.

Di game kedua, Sheng nampaknya sudah mengetahui tipe permainan lawannya itu yang cendrung lebih sering mengeluarkan serangan kepada dirinya. Alhaasil di game kedua pun Sheng mencoba untuk merubah pola permainan, dengan lebih banyak mengajak Fathur bermain reli. Game kedua pun akhirnya mampu di curi oleh Sheng dengan keunggulan yang cukup jauh 21-11.

Pertarungan semakin memanas di game penentu, kejar mengejar angka kembali terjadi. Reli-reli panjang dan serangan demi serangan yang diloncarkan kedua pemain ini tak mudah menembus pertahanan lawannya satu sama lain, dan sontak penampilan keduanya di game ketiga tadi mampu menyihir para penonton yang hadir di tribun pertandingan GOR PBSI Sumatera Utara ini.

Meskipun Fathur telah lebih dulu memimpin angka cukup jauh saat interval game ketiga dengan 11-4, namun Sheng tak menyerah begitu saja, dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 12-12. Saat Fathur kembali unggul 17-14, Sheng terlihat kembali bangkit dan mampu menyalip angka Fathur menjadi 17-18.

Pada saat Sheng unggul 20-19 atas Fathur, bola yang diarahkan ke belakang lapangan pertandingan Sheng oleh Fathur, dibiarkan saja oleh Sheng. Ternyata bola tersebut memang jauh keluar arena pertandingan. Hal tersebut menjadikan Sheng berhasil menambah satu angka menjadi 21-19 dan sekaligus memastikan dirinya melangkah ke babak selanjutnya yakni perempat final yang akan berlangsung besok, Kamis (25/8).

“Ini pertama kali saya datang ke Indonesia, dan bertanding disini. Pemain Indonesia bagus-bagus, terutama dari segi pukulan smashnya. Mereka mempunyai kekuatan smash yang sangat cepat dan keras. Di pertandingan tadi pun saya kewalahan meladeni lawan pada saat di game pertama yang terus meloncarkan smash-smash keras kepada saya, jadi tadi di game kedua dan ketiga sebisa mungkin saya ngajak bermain reli kepada lawan, dan senang akhirnya bisa menang” tutur Sheng saat di jumpai usai laga.

Di perempat final besok, Sheng akan berjumpa wakil PB Jaya Raya Jakarta, Muhammad Febriansyah.

Selain bermain di nomor tunggal taruna putra, Sheng pun bermain di nomor ganda taruna putra bersama pasangannya Ma Xiao, dan sudah terlebih dahulu memastikan diri melangkah ke perempat final usai di laga babak kedua kemarin, Selasa (23/8) ia dan pasangannya mampu menundukan wakil PB Jaya Raya Jakarta, Abhinaya Rakan Adira/Devand Riefky Reksadillano. Di perempat final besok, Sheng/Ma akan menantang unggulan pertama dari Pusdiklat Telkom Group Bandung Abiyyu Fauzan Majid/Muhammad Shohibul Fikri. “Semoga di pertandingan berikutnya saya bisa tampil lebih baik lagi,” tutup Sheng.