(Olimpiade Rio de Janeiro 2016) Gita Wirjawan : Saya Tahu Greysia/Nitya Sudah Memberikan yang Terbaik

(Jakarta, 15/8/2016)

Kekalahan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari di babak perempatfinal Olimpiade Rio de Janeiro 2016 membuat peluang tim bulutangkis Indonesia untuk meraih medali kian berkurang. Greysia/Nitya dikalahkan Yu Yang/Tang Yuanting, unggulan kedua dari Tiongkok, dengan skor 11-21, 14-21. Hingga berita ini diturunkan, Indonesia menyisakan dua wakil yaitu Tommy Sugiarto (tunggal putra) di babak 16 besar, serta pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di babak semifinal.

Sebelumnya, dua andalan untuk meraih medali, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan serta Praveen Jordan/Debby Susanto juga telah terhenti. Meskipun demikian, perjuangan para pebulutangkis Indonesia tetap diapresiasi oleh Ketua Umum PP PBSI Gita Wirjawan, yang juga mendukung langsung di stadion Riocentro.

“Memang saya kecewa dengan hasilnya, tapi saya tahu Greysia/Nitya sudah memberikan yang terbaik. Olimpiade tidak langka dengan keajaiban, kejutan dan kekecewaan. Mungkin ini salah satu dari bagian tersebut. Kita sudah melihat Saina (Nehwal), Lee Yong Dae, dan di tenis juga ada (Novak) Djokovic, Serena (Williams), yang dikalahkan oleh pemain yang rangkingnya jauh dibawah mereka,” kata Gita kepada Badmintonindonesia.org.

“Greysia/Nitya sudah melakukan yang terbaik, tetapi yang terbaik itu seringkali tidak cukup kalau tidak didampingi dengan keberuntungan. Persiapan sudah dilakukan oleh semua, termasuk Greysia/Nitya, insentif juga sudah disampaikan, tetapi memang belum cukup,” ujarnya.

“Saya berharap Tommy dan Tontowi/Liliyana beruntung, mengenai apakah mereka akan berupaya maksimal, itu sudah tidak perlu ditanya lagi. Tontowi/Liliyana lagi on fire dalam beberapa hari ini, biasanya kalau mereka lagi on fire, tidak dapat dihentikan oleh siapapun, termasuk pasangan rangking satu dunia,” pungkas Gita.

Pertandingan Tommy dan Tontowi/Liliyana masing-masing akan dilangsungkan pada Selasa (16/8), pukul 04.00 WIB dan 04.45 WIB, dan disiarkan oleh stasiun televisi SCTV. Tommy akan berhadapan dengan wakil Inggris Raya, Rajiv Ouseph. Sementara Tontowi/Liliyana ditantang unggulan pertama sekaligus juara bertahan, Zhang Nan/Zhao Yunlei (Tiongkok). (*)