(Olimpiade Rio 2016) Tontowi/Liliyana Juara Grup C

(Jakarta, 13/8/2016)

Ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sukses melaju ke perempat final dan menjadi juara grup C Olimpiade Rio 2016. Pasangan Indonesia ini mengalahkan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, Malaysia, 21-15 dan 21-11.

Di game pertama, perolehan angka Tontowi/Liliyana terus tertinggal. Mereka baru menyamakan kedudukan di poin 13-13. Tontowi/Liliyana unggul pertama kalinya di poin 16-15, hingga kemudian menang 21-15.

“Game pertama waktu ketinggalan 6-11, Owi/Butet banyak mengikuti pola permainan lawan dan return servicenya yang banyak lurus-lurus sudah ditunggui lawan. Setelah angka 11, mereka rubah pola permainan dengan banyak bola silang, membuat mereka terus menambah angka,” jelas Richard Mainaky, pelatih ganda campuran.

Masuk ke game dua, penampilan Tontowi/Liliyana membaik. Mereka tampil meyakinkan dan terus memimpin jauh perolehan angka. Tontowi/Liliyana menang 21-11 di game kedua.

“Penampilan kami tadi baik dan pasti kekompakan dan ketenangan harus kami jaga terus. Supaya besok tampil lebih baik lagi. Yang penting kami harus fokus poin demi poin,” kata Liliyana.

Hasil ini membawa Tontowi/Liliyana ke perempat final dengan kemenangan sempurna. Mereka sukses mengantongi tiga kemenangan utuh dari lawan-lawannya.

Tontowi/Liliyana dan Chan/Goh sendiri sebelumnya sudah sama-sama mengamankan dua kemenangan atas Bodin Isara/Savitree Amitrapai, Thailand dan Robin Middleton/Leanne Choo, Australia.

“Menghadapi perempat final, Owi/Butet sudah siap. Terutama saya lihat Owi sudah lebih percaya diri dengan bola-bola atasnya,” kata Richard.

“Kami semakin yakin dengan permainan kami. Mudah-mudahan bisa memberikan yang terbaik. Mohon doanya dari seluruh masyarakat Indonesia,” ucap Liliyana.

Hasil pertandingan babak penyisihan grup Olimpiade Rio 2016 selengkapnya bisa diakses di sini. (*)