(Olimpiade Rio 2016) Dua Game Langsung, Tommy Tundukkan Shu

(Jakarta, 12/8/2016)

Tommy Sugiarto memetik kemenangan cukup telak atas Howard Shu (Amerika Serikat), pada babak penyisihan grup J, Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Tommy menang dua game langsung dengan skor 21-14, 21-10.

Kekuatan diatas kertas memang menunjukkan bahwa Tommy jauh lebih unggul dari Shu. Kenyataan di lapangan pun demikian, Tommy membuat Shu tak dapat berkutik. Dengan permainan reli yang memang menjadi andalan Tommy, ia membuat Shu sulit mengembangkan permainan.

Menang mudah di game pertama, Tommy kian tak terbendung di game kedua. Ia unggul jauh hingga 7-3 dan Shu semakin dibawah tekanan. Meskipun beberapa kali meraih angka dengan mendaratkan dropshot tajam di sisi kanan Tommy, namun Shu belum berhasil menahan laju lawannya tersebut. Satu pukulan tajam yang diarahkan Tommy di sisi kanan Shu yang gagal dikembalikan dan menyangkut di net, membuat Tommy akhirnya menang straight game.

“Di game pertama setelah interval game, saya merasa lebih percaya diri, saya bisa mengembangkan permainan, jadi lawan tidak mudah menyerang. Faktor angin cukup berpengaruh, shuttlecock agak lambat, tetapi tidak terlalu jadi masalah,” kata Tommy usai laga.

 “Tommy masih berdaptasi dengan situasi lapangan, penampilan tadi masih 70 persen dari seluruh kemampuan Tommy. Stamina kedua pemain masih sama-sama bagus, dan mereka jaga permainan, pola main mereka sebetulnya sama. Menurut saya Tommy sudah cukup baik, tapi masih ada yang bisa ditingkatkan, misalnya kecepatannya,” kata Toto Sunarto, pelatih Tommy.

Laga selanjutnya, Tommy akan berhadapan dengan sesama penghuni grup J yaitu Osleni Guerrero (Kuba). Pertandingan antara Tommy melawan Guerrero akan dilangsungkan Minggu, (14/8), pukul 18.55 WIB. Jeda satu hari tanpa pertandingan akan dimanfaatkan Tommy untuk latihan. Diungkapkan Toto, Tommy akan tetap latihan untuk recovery dengan tensi latihan sekitar 60-70 persen.

“Soal lawan selanjutnya, kami akan melihat permainan lawan dan menganalisa, kira-kira strategi apa yang tepat. Guerrero sepertinya hanya mengandalkan power saja, Maunya lawan diajak lari-lari, supaya dia tidak mudah mengeluarkan serangannya,” tambah Toto.

“Saya harus lebih siap lagi di pertandingan selanjutnya, dari awal game jangan sampai buang poin. Saya harus konsentrasi penuh untuk menjadi juara grup. Lawan saya adalah pemain menyerang, powernya bagus,” jelas Tommy.

Pada hari kedua babak penyisihan grup, tiga wakil Indonesia juga akan bertanding. Mereka adalah Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari serta dua pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto.

Pertandingan para pebulutangkis Indonesia disiarkan langsung oleh stasiun televisi SCTV. Berikut jadwal selengkapnya:

18.00 WIB: Tommy Sugiarto vs Howard Shu [USA]
19.35 WIB:  Praveen Jordan/ Debby Susanto [Indonesia] vs Michael Fuchs/Birgit Michels [Jerman]
20.10 WIB:  Hendra Setiawan/ Mohammad Ahsan [Indonesia] vs  Hiroyuki Endo/ Kenichi Hayakawa [Jepang]
21.55 WIB:  Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir [Indonesia] vs  Bodin Isara/Savitree Amitrapai [Thailand]
01.30 WIB: Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari [Indonesia] Vs Heather Olver/Lauren Smith [ Inggris Raya]