(Olimpiade Rio 2016) Jordan/Debby Atasi Lawan Pertamanya

(Jakarta, 11/8/2016)

Praveen Jordan/Debby Susanto berhasil atasi lawan pertamanya di penyisihan grup A Olimpiade Rio 2016 (11/8). Pasangan Indonesia ini mengalahkan duet Hong Kong, Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah, 21-12, 19-21 dan 21-15.

“Pola permainan yang sudah diterapkan dengan menyerang dan banyak memberikan bola pendek ke arah backhand, sudah bisa berjalan baik. Sehingga di game pertama permainan lawan sulit berkembang,” kata Richard Mainaky, pelatih ganda campuran.

Jordan/Debby tak menghadapi kesulitan di game pertamanya. Namun hal itu tak berlangsung sama dengan game berikutnya. Di game kedua, Jordan/Debby sebenarnya punya peluang untuk menang straight game. Sayang setelah unggul 19-16, Jordan/Debby malah ditikung lawan menjadi 19-21.

“Hari ini mereka sudah main di pola mereka tapi poin 19-16 Jordan agak sedikit kendor sehingga permainan lawan berkembang. Di samping itu memang di game kedua posisi menang angin, Jordan banyak ragu-ragu,” tambah Richard lagi.

Beruntung di game ketiga, Jordan/Debby kembali berhasil menguasai lapangan. Poin kemenangan diperoleh dari sambaran Jordan yang tidak bisa dikembalikan Lee.

“Pertama kami benar-benar menerapkan pola sesuai yang kami mau, dan berjalan baik. Game kedua juga sebenarnya udah benar mainnya, cuma  memang terburu-buru di poin-poin akhir. Kurang kontrol, jadi panik sendiri,” kata Debby.

Hasil ini sekaligus menahan imbang rekor pertemuan Jordan/Debby dengan Lee/Chau. Sebelumnya, tujuh kali berhadapan, Lee/Chau unggul 4-3. Terakhir di Hong Kong Open 2015, Jordan/Debby menang 21-18 dan 21-18.

Di penyisihan berikutnya, Jordan/Debby akan bertemu Michael Fuchs/Birgit Michels, Jerman.

“Nanti malam akan nonton video dan diskusi dengan kak Icad (Richard Mainaky), untuk polanya. Yang pasti nggak boleh lengah. Kalau Eropa rata-rata polanya rapi dan percaya diri. Jadi kami nggak boleh anggap enteng. Tetap harus waspada,” ucap Debby.

Hasil pertandingan babak penyisihan grup Olimpiade 2016 selengkapnya bisa diakses di sini. (*)