(Olimpiade Rio 2016) Hendra/Ahsan Menangi Laga Perdana

(Jakarta, 11/8/2016)

Pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan berhasil melewati rintangan pertama di babak penyisihan grup D Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Kemenangan diraih Hendra/Ahsan atas wakil India, Manu Attri/Sumeeth Reddy, dengan skor 21-18, 21-13.

Tampil di pertandingan pertama, Henda/Ahsan masih terlihat berupaya untuk menyesuaikan diri dengan kondisi lapangan yang memang berangin. Meskipun kelas Hendra/Ahsan masih berada diatas Attri/Reddy, namun pertandingan berlangsung cukup ramai.

Pada kedudukan game point 20-15 untuk keunggulan Hendra/Ahsan, mereka harus kehilangan tiga angka berturut-turut dan pasangan India mendekat jadi 18-20.

“Saat itu kami terlalu memaksa terima servis, jadi nanggung. Lapangan memang ada angin sedikit, tetapi tidak terlalu masalah. Tadi kami menerapkan strategi permainan no lob. Di game pertama kami kalah angin, jadi lawan enak untuk menyerang,” ujar Hendra kepada Badmintonindonesia.org.

“Pukulan kami memang belum banyak yang pas di pertandingan pertama ini, smash saya juga banyak yang nggak pas. Selanjutnya, kami harus lebih sabar, apalagi lawan-lawan selanjutnya nggak mudah dimatikan,” lanjutnya.

Hendra/Ahsan masih harus melakoni dua laga lagi melawan Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa (Jepang) dan Chai Biao/Hong Wei (Tiongkok). Pada laga kedua di penyisihan grup yang akan berlangsung besok, Jumat (12/8), Hendra/Ahsan akan menantang Endo/Hayakawa. Skor pertemuan diungguli Hendra/Ahsan dengan kedudukan 9-0.

“Hendra/Ahsan sudah lama tidak bertemu Endo/Hayakawa, jadi rekor pertemuan ini tidak bisa dijadikan patokan. Bisa saja lawan ada perkembangan. Semua pemain dunia pasti sudah mempersiapkan diri sebaik-baiknya dalam menghadapi olimpiade,” ujar Herry Iman Pierngadi, pelatih Hendra/Ahsan.

Menilai penampilan anak didiknya malam ini, Herry menuturkan Hendra/Ahsan masih belum tampil seratus persen di pertandingan pertama. Masih banyak pukulan-pukulan yang kurang akurat seperti tanggung, menyangkut di net dan sebagainya.

“Di game kedua kelihatan pola permainan Hendra/Ahsan yang sebenarnya, mereka lebih tenang dan kebetulan dapat lapangan yang searah angin. Lawan sudah merasakan ini dan jaga di belakang lapangan, tetapi Hendra/Ahsan banyak variasi bola-bola depan. Mereka juga mesti banyak variasi pukulan dalam menghadapi pasangan Jepang besok,” pungkas Herry.

Saat berita ini diturunkan, pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto tengah bertanding menghadapi Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah (Hong Kong). Dua wakil juga akan bertanding malam ini, mereka adalah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari.

Hasil sementara babak penyisihan grup Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dapat dilihat di sini. (*)