(Olimpiade Rio 2016) Greysia/Nitya Belum Temui Hambatan

(Jakarta, 11/8/2016)

Sama seperti pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, wakil ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari belum menemukan hambatan berarti pada laga perdana di babak penyisihan grup C Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Greysia/Nitya menang straight game dari Poon Lok Yan/Tse Ying Tsuet (Hong Kong), dengan skor 21-9, 21-11. Greysia/Nitya memang terlihat menguasai jalannya pertandingan. Dari awal game pertama, pasangan Indonesia ini menunjukkan pertahanan yang kokoh hingga sulit ditembus oleh Poon/Tse.

Serangan-serangan Greysia/Nitya pun tak jarang membuahkan poin. Namun deretan kesalahan sendiri yang kerap dilakukan Poon/Tse, membuat poin Greysia/Nitya terus bertambah dengan cepat.

“Pertandingan ini lebih kami manfaatkan untuk penyesuaian lapangan, karena lawan memang tidak berimbang. Poon baru sembuh dari cedera, jadi tidak bisa tampil all out,” kata Nitya kepada Badmintonindonesia.org.

“Kami banyak menyesuaikan diri dengan bola dan rotasi di lapangan. Kami akan bersiap untuk menghadapi lawan besok yang lebih berat. Tentunya harus lebih waspada dan bermain dengan pola menyerang lebih dulu,” tutur Nitya, yang bersama Greysia berasal dari klub Jaya Raya Jakarta.

“Pertandingan ini adalah adaptasi sesungguhnya. Kondisi lapangan, angin, shuttlecok, tidak ada yang berbeda dengan saat latihan. Mungkin anak-anak lebih tegang karena sudah mulai bertanding. Saya belum bisa menilai pertandingan hari ini karena lawan belum imbang. Untuk pertandingan selanjutnya, kami akan menganalisa lawan terlebih dahulu,” kata Eng Hian, Kepala Pelatih Ganda Putri PBSI.

Pada babak penyisihan grup C selanjutnya, Greysia/Nitya akan berhadapan dengan Heather Olver/Lauren Smith (Inggris). Pertandingan akan dilangsungkan besok, Jumat (12/8), pada pukul 01.30 WIB.

Saat berita ini diturunkan, sudah tiga wakil Indonesia yang memenangkan laga penyisihan pertamanya. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menang atas Manu Attri/Sumeeth Reddy (India), dengan skor 21-18, 21-13. Dari sektor ganda campuran, Praveen Jordan/Debby Susanto harus melakoni pertandingan rubber game melawan Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah (Hong Kong), dan akhirnya menang dengan skor 21-12, 19-21, 21-15. (*)