(Vietnam Grand Prix 2016) Lima Tunggal Putra ke Babak 16 Besar

(Jakarta, 20/7/2016)

Indonesia menempatkan lima wakil tunggal putra di babak 16 besar kejuaraan Vietnam Open Grand Prix 2016 yang kini tengah berlangsung di kota Ho Chi Minh. Lima wakil yang lolos adalah Firman Abdul Kholik, Shesar Hiren Rhustavito, Wisnu Yuli Prasetyo, Evert Sukamta dan Riyanto Subagja.

Firman telah mengantongi dua kemenangan sejak babak pertama. Di laga perdana, ia menundukkan wakil Jepang, Yusuke Onodera dengan skor 22-20, 23-21. Pada babak kedua, Firman juga sukses memetik kemenangan dari unggulan kesepuluh, Vladimir Malkov (Rusia), setelah bertarung tiga game dengan skor 21-14, 9-21, 21-12.

“Pada game pertama, permainan depan saya lebih cepat, sedangkan di game kedua, saya banyak kecolongan di bagian ini. Saya banyak bermain bertahan, lawan saya pun smash nya keras dan saya tidak siap,” kata Firman soal laga di melawan Malkov.

“Saya berusaha untuk kembali ke pola permainan di game pertama, saya mencoba untuk mempercepat bola-bola depan. Defense lawan kurang bagus, jadi saya memanfaatkan hal ini,” tambahnya saat dihubungi Badmintonindonesia.org dari Jakarta.

Pada perebutan tiket perempat final yang akan berlangsung besok (21/7), Firman akan berhadapan dengan Tan Chung Seang dari Malaysia. Ini adalah pertemuan pertama bagi kedua pemain.

“Saya siap menghadapi Tan, variasi pukulan saya harus lebih banyak. Saya juga harus siap mulai dari servis dan terima servis lawan,” tutur pemain jebolan klub Mutiara Cardinal Bandung.

Tiga wakil pelatnas harus terhenti dari kompetisi ini, mereka adalah Muhammad Bayu Pangisthu, Krishna Adi Nugraha dan Panji Ahmad Maulana. Dari sektor tunggal putri, Hanna Ramadini juga mesti angkat koper lebih awal setelah ditaklukkan Lim Yin Fun (Malaysia), dengan skor 17-21, 20-22. Sedangkan Fitriani, Dinar Dyah Ayustine dan Yulia Yosephine Susanto terus melaju.

Hingga berita ini diturunkan, masih ada wakil Indonesia yang bertanding di stadion Nguyen Du. Hasil sementara babak pertama Vietnam Open Grand Prix 2016 bisa dilihat di sini. (*)