(Asia Junior Championships 2016) Main Kurang Yakin, Rinov/Apriani Gagal Ke Final

(Bangkok, 16/7/2016)

Rinov Rivaldy/Apriani Rahayu tak berhasil menapaki partai puncak Asia Junior Championships 2016. Keduanya terhenti di semifinal dari pasangan Korea, Kim Won Ho/Lee Yu Rim, 17-21 dan 20-22. Tampil kurang yakin di lapangan, dikatakan Rinov/Apriani menjadi kendala mereka kali ini.

“Korea hari ini performanya lebih baik, lebih percaya diri dibanding saya. Saya juga banyak kurang yakin di game pertama. Tapi di game kedua, poin sebelas ke atas sudah enak. Cuma kami mungkin kurang hoki aja,” kata Rinov.

“Dari poin-poin awal saya kurang yakin mainnya. Sementara cewek yang Korea bisa nutup terus depannya. Kami terburu-buru pengen menangin. Kami jadi nggak nenangin diri dan nggak mengontrol. Kami sempat mengontrol, tapi kebawa lagi di lapangan. Kami harus belajar lagi. Akui kekalahan dulu, nanti baru balas lagi,” ungkap Apriani.

Game pertama memang tak berjalan baik untuk pasangan Indonesia. Rinov/Apriani hanya bisa ketat di dua poin pertama. Selebihnya, Kim/Lee terus menjauh meninggalkan perolehan poin Rinov/Apriani.

Lanjut ke game dua, pertandingan berlangsung lebih ketat dan menegangkan. Korea memimpin 8-6 dan 11-8. Namun Rinov/Apriani terus berusaha mengejar ketertinggalan. Menyentuh 16-15 untuk pasangan Indonesia, pertandingan terasa lebih sengit.

Rinov/Apriani berusaha membuka peluang dengan menyentuh poin 20-19 lebih dulu. Sayang setelah itu, mereka malah terburu-buru ingin menyelesaikan pertandingan, sehingga mereka pun terjebak pada kesalahan sendiri. Rinov/Apriani akhirnya kalah 20-22.

“Kalau puas ya belum. Karena targetkan bisa ke final. Tapi kami tetap bersyukur aja. Karena kami juga kan belum lama dipasangin,” ujar Rinov.

“Sebenernya liat bagan drawingnya cukup enak ya. Pemain Tiongkok sudah kami lewati kemarin. Cuma mau gimana lagi, kami tetap harus bersyukur,” ungkap Apriani menambahkan.

Dengan demikian Rinov/Apriani membawa pulang medali perunggu ke Indonesia. Medali ini merupakan yang kedua buat Apriani. Tahun lalu ia juga membawa medali perunggu dengan rekannya Fachriza Abimanyu. Sementara buat Rinov, ini merupakan medali Asia Junior Championchips pertamanya.

Hasil pertandingan babak semifinal Asia Junior Championships 2016 selengkapnya, bisa diakses di sini. (*)