(Asia Junior Championships 2016) Kalahkan Malaysia, Indonesia Juara Grup C

(Bangkok, 10/7/2016)

Tim junior Indonesia sukses memetik kemenangan pada laga penyisihan grup terakhir melawan Malaysia, di Asian Junior Championships 2016. Indonesia menang 4-1 dari Malaysia.

“Terima kasih untuk semua atlet hari ini, atas perjuangannya hingga menjadi juara grup. Pertandingan kali ini menjadi pelajaran buat semua atlet yang menang dan yang kalah. Hal ini penting untuk melangkah ke babak berikutnya,” kata chef de mission tim Indonesia, Achmad Budiharto.

Indonesia sudah memastikan kemenangan pada partai keempat. Pasangan Bagas Maulana/Rinov Rivaldy menyumbangkan poin ketiga sebagai penentu, dengan mengalahkan Zi Heng Ooi/Wooi Yik Soh, 17-21, 21-13 dan 21-18.

Poin pertama disumbangkan oleh Rinov Rivaldy/Apriani Rahayu. Mereka menaklukkan Tang Jie Chen/Ee Wei Toh, 22-20 dan 21-13.

Tim junior Indonesia hanya kehilangan poin di pertandingan kedua. Dimana Chico Aura Dwi Wardoyo, tak mampu mengatasi Zii Jia Lee. Chico mengaku tak bisa mengeluarkan permainan terbaiknya dan terus berada di bawah kendali permainan lawan.

Hasil menggembirakan datang dari tunggal putri, Gregoria Mariska. Gregoria yang berhadapan dengan Goh Jin Wei, awalnya diperkirakan akan sulit memberikan poin. Namun, Gregoria mematahkan hal tersebut. Ia justru bangkit setelah tertinggal di game pertama dan merebut dua game berikutnya.

“Game pertama saya masih kebawa permainan saya. Pas poin-poin terakhir saya baru nemu bagaimana cara mengatasinya. Terus saya diberitahu pelatih untuk memaksakan reli di lapangan. Karena kalau reli dianya nggak kuat. Jadi saya tahan terus, jangan pengen matiin lawan, tapi tunggu dia mati sendiri. Pas game ketiga ternyata dia habis,” jelas Gregoria.

Partai terakhir menurunkan ganda putri, Apriani Rahayu/Jauza Fadhilah Sugiarto. Penampilan Apriani/Jauza kali ini belum menunjukkan performa terbaik. Mereka bahkan harus kalah di game pertama dengan 17-21. Namun keberuntungan rupanya masih berpihak pada Apriani/Jauza. 

Pasangan Malaysia, Goh Jin Wei/Thinaah M, memutuskan untuk mundur dari pertandingan. Goh Jin Wei yang sebelumnya bermain di nomor tunggal putri, mengalami cedera, dan tidak bisa meneruskan laganya.

Berikut hasil lengkap pertandingan Indonesia melawan Malaysia (4-1):

(Ganda Campuran) Rinov Rivaldy/Apriani Rahayu vs Tang Jie Chen/Ee Wei Toh 22-20, 21-13

(Tunggal Putra) Chico Aura Dwi Wardoyo vs Zii Jia Lee 10-21, 19-21

(Tunggal Putri) Gregoria Mariska vs Goh Jin Wei 18-21, 26-24, 21-15

(Ganda Putra) Bagas Maulana/Rinov Rivaldy vs Zi Heng Ooi/Wooi Yik Soh 17-21, 21-13, 21-18

(Ganda Putri) Apriani Rahayu/Jauza Fadhilah Sugiarto vs Goh Jin Wei/Thinaah M 17-21, retired (*)