(Chinese Taipei GPG 2016) Wahyu/Hafiz Dihentikan Andalan Tuan Rumah

(Taipei, 30/6/2016)

Pasangan ganda putra Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Hafiz Faisal akhirnya mesti merelakan tiket babak perempat final Chinese Taipei Open Grand Prix Gold 2016 jatuh ke tangan lawan yang juga andalan tuan rumah, Lee Sheng Mu/Tsai Chia Hsin, dengan skor 13-21, 21-23.

Kalah telak di game pertama tak menurunkan semangat pasangan baru ini di game kedua. Wahyu/Hafiz justru bermain lebih agresif dan menyulitkan Lee/Tsai yang merupakan unggulan ketiga. Wahyu/Hafiz membuka peluang untuk dimainkannya game ketiga saat berhasil menyamakan kedudukan dari 17-20 menjadi 20-20.

Akan tetapi, kesalahan-kesalahan sendiri yang dibuat Wahyu/Hafiz, ditambah tekanan bertubi-tubi dari Lee/Tsai, membuat wakil Taiwan ini akhirnya memenangkan adu setting tersebut. Penonton yang berada di stadion Taipei Arena pun bersorak atas kemenangan Lee/Tsai.

“Pada game pertama kami kalah start dan telat mengantisipasi lawan, mereka tekanannya lebih kuat. Di awal game kedua, pengembalian kami lebih baik dan kami bisa mengurangi kesalahan sendiri, namun kami masih kurang berani,” tutur Wahyu kepada Badmintonindonesia.org.

“Kami sudah berusaha untuk menyerang lawan lebih dulu, namun kami terlalu buru-buru, jadi kualitas pukulannya tidak maksimal,” tambah Hafiz.

Kejuaraan Chinese Taipei Open Grand Prix Gold 2016 adalah kejuaraan kedua buat pasangan ini. Sebelumnya mereka juga dipasangkan di ajang BCA Indonesia Open Super Series Premier 2016. Sebelumnya, Wahyu berpasangan dengan Ade Yusuf. Sedangkan Hafiz sebelumnya fokus di nomor ganda campuran, berpasangan dengan Shela Devi Aulia.

“Kami memang masih kalah pengalaman dari Lee/Tsai, kami adalah pasangan baru. Latihannya pun belum terlalu sering karena Hafiz fokus di ganda campuran, saya tahu kapasitasnya dia seperti apa. Mungkin kedepannya saya akan dicarikan pasangan baru, namun saya mengikuti keputusan pelatih saja,” kata Wahyu.

“Saya merasa diuntungkan dengan bermain rangkap, biasanya habis main di ganda putra, saya merasa main di ganda campurannya lebih enak. Mengenai kedepannya akan main rangkap atau tidak, saya serahkan ke pelatih. Kalau diminta main rangkap, saya akan usaha yang terbaik,” ungkap Hafiz.

Sementara itu, sebelumnya pasangan ganda putra Muhammad Rian Ardianto/Fajar Alfian berhasil menembus babak perempat final usai menaklukkan Liao Min Chun/Tseng Min Hao (Taiwan), dengan skor 21-17, 21-19. Masih ada satu wakil ganda putra lagi yang akan bertanding yaitu Kenas Adi Haryanto/Hardianto, melawan Wei Chen Liu/Yang Po Han (Taiwan).

Hasil sementara babak 16 besar Chinese Taipei Open Grand Prix Gold 2016 dapat diakses di sini. (*)