(Chinese Taipei GPG 2016) Rian/Fajar Ditarget Semifinal

(Taipei, 28/6/2016)

Pasangan ganda putra Muhammad Rian Ardianto/Fajar Alfian ditarget untuk mencapai babak semifinal kejuaraan Taipei Open Grand Prix Gold 2016. Turnamen ini akan dilangsungkan di stadion Taipei Arena, pada 28 Juni – 3 Juli 2016.

Penampilan Rian/Fajar memang masih belum stabil, pernah menduduki rangking 39 dunia, peringkat Rian/Fajar kembali turun ke posisi 56 dunia akibat harus terhenti di putaran awal di beberapa turnamen belakangan. Namun Rian/Fajar menunjukkan sinyal positif saat tampil cukup baik di ajang BCA Indonesia Open Super Series Premier 2016, dimana kala itu mereka memberikan perlawanan sengit kepada wakil Denmark, Mads Pieler Kolding/Mads Conrad Petersen, yang kerap menyulitkan pasangan utama Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Jelang Taipei Open, Rian/Fajar telah bertanding selama lebih dari tiga pekan untuk mempersiapkan diri menuju turnamen berhadiah total 200 ribu Dollar AS ini. Tak cuma perbaikan dari segi teknik, namun dari segi non teknik pun masih banyak yang perlu ditingkatkan pasangan juara Austria Open 2015 ini.

Di babak pertama Chinese Taipei Open Grand Prix Gold 2016, mereka akan berhadapan dengan pasangan jebolan kualifikasi nomor empat, yang hingga saat ini masih dipertandingkan. Jika lolos dari babak pertama, Rian/Fajar kemungkinan akan bertemu senior mereka, Markis Kido/Hendra Aprida Gunawan, yang merupakan unggulan kedelapan. Namun Kido/Hendra terlebih dulu harus menghadapi wakil tuan rumah, Liao Min Chun/Tseng Min Hao.

“Rian/Fajar ditargetkan untuk bisa lolos ke semifinal. Nanti di perjalanan menuju semifinal kita lihat lagi siapa lawan-lawan mereka,” ujar Aryono Miranat, Asisten Pelatih Ganda Putra PBSI.

“Ada beberapa teknik yang perlu dibenahi lagi dari Rian/Fajar. Tetapi faktor non teknik seperti mental bertanding juga harus ditingkatkan,” tambahnya.

“Rian/Fajar harus bisa mengontrol emosi supaya bisa bermain lebih tenang. Selain itu rasa percaya diri mereka juga harus ditingkatkan lagi. Dari segi jam terbang pun harus ditambah, semakin banyak jam terbang, pengalaman bertanding mereka akan semakin terasah,” ujar Aryono kepada Badmintonindonesia.org.

Selain Rian/Fajar, sektor ganda putra Indonesia juga diperkuat oleh pasangan Kenas Adi Haryanto/Hardianto, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Hafiz Faisal, serta pasangan Markis Kido/Hendra Aprida Gunawan dan Hantoro/Yohanes Rendy Sugiarto.

Babak pertama Chinese Taipei Open Grand Prix Gold 2016 akan dimulai besok, Rabu (29/6), mulai pukul 09.00 waktu Taipei (waktu Taipei lebih cepat satu jam dari WIB). Hari ini baru dimainkan babak kualifikasi, hasil sementara dapat dilihat di sini. (*)