(Coaching Clinic PBSI 2016) Pelatih Pelatnas Sharing Ilmu Dan Motivasi Ke Pelatih Daerah

(Palembang, 23/6/2016)

Tim Pelatih Pelatnas Cipayung terus berbagi ilmu dan motivasi kepada pelatih daerah di Palembang. Enroe Suryanto, Hendry Saputra dan Iwan Hermawan menjadi tiga pelatih teknik dan fisik di Pelatnas yang terbang langsung ke Palembang untuk mengisi acara Penyegaran Kursus Kepelatihan Bulutangkis atau coaching clinic PBSI 2016. Selain itu, Kabid Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rexy Mainaky dan Kabid Pengembangan PP PBSI, Basri Yusuf, juga secara bergantian memberikan materi kepelatihan.

Program ini merupakan kerjasama bidang Pengembangan dengan bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI. Diharapkan setelah ini, semakin banyak pelatih daerah yang muncul dengan kualitas terbaik untuk melatih bibit muda atlet Indonesia.

Program ini juga merupakan bagian dari program jangka panjang sertifikasi pelatih yang akan diadakan oleh PP PBSI. Dengan diadakannya coaching clinic, diharapkan para pelatih di daerah bisa kembali mendapat penyegaran. Kedepannya sertifikasi pra level, level satu dan level dua akan diadakan oleh pengurus provinsi PBSI. Sedangkan sertifikasi level tiga kemudian baru diadakan oleh PP PBSI. 

“Di dalam penyegaran ini tujuannya supaya mereka tahu bagaimana pelatihan fisik dan teknik yang bagus. Selain itu Rexy juga turun langsung untuk memberikan pengalamannya selama melatih di luar negri, seperti saat di Inggris atau Malaysia. Sedangkan saya sendiri memberikan materi metodologi pelatihannya,” kata Basri.

Para pelatih daerah ini mendapatkan banyak sharing ilmu dan motivasi dari tim pelatih Pelatnas. Tak jarang, tim pelatih Pelatnas pun membagi trik khusus dan kunci sukses dalam melatih atlet bulutangkis terbaik Indonesia.

“Menjadi pelatih itu tidak bisa hanya menuntut atlet untuk disiplin dan berkomitmen dalam latihan. Tapi semua itu harus dicontohkan oleh pelatihnya. Ketika kita menyuruh mereka stretching yang benar, misalnya, kita juga harus memberikan contoh. Kalau pelatihnya bagus, maka atlet yang dihasilkan pun akan bagus,” kata Enroe Suryanto di tengah-tengah pemberian materi.

Penyegaran Kursus Kepelatihan Bulutangkis atau coaching clinic PBSI 2016 kali ini berlangsung mulai tanggal 21-24 Juni 2016 bertempat di GOR Dempo, Kompleks Jakabaring Sport City. Palembang merupakan kota kedua pelaksanaan coaching clinic PBSI setelah Balikpapan. Setelah ini rencananya ada Batam dan Lampung yang akan disambangi para pelatih Pelatnas. (*)