(Australia Open 2016) Gagal Atasi Koo/Tan, Hendra/Ahsan Terhenti

(Sydney, 9/6/2016)

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan terpaksa terhenti di babak dua Australian Open 2016. Keduanya gagal menghadapi duet Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong, usai beradu kebolehan di lapangan. Hendra/Ahsan kalah 21-17, 17-21 dan 19-21.

Bertemu dengan Koo/Tan, Hendra/Ahsan sebenarnya sudah bersiap untuk mendapat perlawanan sulit. Apalagi rekor pertemuan mereka sejauh ini masih imbang 1-1. Terakhir di All England 2016, Hendra/Ahsan kalah 15-21, 21-15 dan 17-21.

“Kami sudah siap sebelumnya, ketemu mereka memang pasti akan sulit. Dari awal kami sudah bisa mengatasi, hanya di akhir terlalu banyak kencang-kencang, tapi mereka terus balik terus,” ujar Hendra. 

Game pertama dimulai dengan keunggulan tipis Koo/Tan atas Hendra/Ahsan. Saling kejar poin dengan tipis terus terjadi hingga poin 15 sama. Beruntung akhirnya pasangan Indonesia bisa memimpin dan menang 21-17.

Masuk ke game dua, perolehan angka tidak terpaut begitu jauh. Hanya saja, Koo/Tan lebih bisa mendominasi permainan. Hendra/Ahsan tercatat hanya sekali menungguli Koo/Tan, yaitu pada poin 6-5. Selebihnya, Koo/Tan terus memimpin, hingga menang 21-17. Posisi pun menjadi imbang satu sama.

Game pamungkas dimainkan, Hendra/Ahsan mampu tampil meyakinkan. Mereka unggul 10-4, 13-6 dan 16-10. Hendra/Ahsan tak henti melancarkan serangan yang menyulitkan lawan. Namun, sebaliknya Koo/Tan pun tak tinggal diam, mereka terus membalikkan serangan ke lapangan Hendra/Ahsan. 

Hendra/Ahsan masih memimpin, tapi Koo/Tan terus mendekat, 17-14 hingga 19-18. Sayang setelahnya, tiga poin berturut justru berpihak pada Malaysia. Hendra/Ahsan tak berhasil mengakhiri pertandingannya hari ini dengan manis.

“Akhir-akhirnya mereka banyak defend. Tapi begitu mereka serang balik, kami balikannya banyak bola-bola naik. Serangan balik mereka lebih turun bolanya,” kata Hendra.

“Kami sudah berusaha maksimal hari ini. Tapi ternyata harus kalah,” ujar Ahsan singkat.

Hasil pertandingan babak dua Australian Open 2016 selengkapnya bisa diakses, di sini. (*)