(Australia Open 2016) Jonatan dan Ronald/Melati Terhenti Di Babak Pertama

(Sydney, 8/6/2016)

Dua wakil Indonesia harus terhenti di babak pertama Australian Open 2016. Jonatan Christie kalah dari Kwang Hee Heo, Korea, sementara Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti dihentikan pasangan Singapura, Yong Kai Terry Hee/Wei Han Tan.

Melawan Hee Heo, Jonatan kalah  dua game langsung 15-21 dan 14-21. Kurang variasi di lapangan menjadi alasan kekalahan yang diungkapkan Jonatan. 

“Saya mainnya kurang variasi. Dan saya juga suka terpancing lawan untuk kasih bola belakang, padahal itu merupakan andalannya dia. Selain itu hari ini kaki saya juga berasa lebih berat, pertama karena dingin cuacanya dan masih agak sakit sedikit di paha. Saya masih beradaptasi dan belum panas,” kata Jonatan.

Ini merupakan pertemuan kedua bagi Jonatan dan Hee Heo. Sebelumnya di Chinese Taipei Open 2015, Jonatan juga kalah dari Hee Heo, dengan skor 16-21, 21-11 dan 10-21.

“Sebenarnya hari ini saya bisa untuk mengembangkan permainan. Tapi feeling-nya kaya nggak dapet terus. Bola tunggung saya banyak mati sendiri, nggak tahu kenapa. Pengennya main kencang terus dan nggak ada halusnya. Saya harus belajar lagi tentang permainan lawan hari ini,” ungkap Jonatan lagi. 

Sementara itu, Ronald/Melati pun tak dapat mengatasi lawannya. Mereka kalah setelah hanya bisa menang di game pertama. Dua game berikutnya menjadi milik Singapura. Dalam waktu 50 menit, Ronald/Melati kalah 21-16, 15-21 dan 14-21.

Hasil ini lebih buruk dari pertemuan mereka sebelumnya. Di Vietnam Open 2014, Ronald/Melati bisa mengatasi Hee/Tan, 21-16 dan 21-15.

Kemenangan baru hanya dipetik satu-satunya wakil tunggal putri Indonesia di Sydney, kali ini. Lyanny Alessandra Mainaky melaju ke babak dua usai mengalahkan Line Kjaersfeldt, Denmark. Lyanny menang dua game langsung 21-16 dan 21-19.

Di tunggal putra, Indonesia masih punya tiga wakil yang belum bertanding, yaitu Ihsan Maulana Mustofa, Anthony Sinisuka Ginting dan Sony Dwi Kuncoro. Sedangkan ganda campuran ada Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Praveen Jordan/Debby Susanto, Riky Widianto/Richi Puspita Dilli dan Yehezkiel Fritz Mainaky/Lyanny Mainaky yang juga belum bertanding.

Lihat hasil pertandingan babak pertama Australian Open 2016 selengkapnya, di sini. (*)