(BCA Indonesia Open 2016) Sengit, Rizki/Tiara Terhenti di Perempat Final

(Jakarta, 3/6/2016)

Rizki Amelia Pradipta/Tiara Rosalia Nuraidah belum berhasil melewati laga sengit berdurasi 76 menit melawan Eefje Muskens/Selena Piek asal Belanda. Pasangan Indonesia ini takluk dengan skor 21-10, 22-24, 23-25, tiket semifinal BCA Indonesia Open Super Series Premier 2016 pun gagal diraih.

Tampil dengan didukung ribuan supporter Istora, Rizki/Tiara membuka permainan dengan sangat baik. Mereka tak membiarkan lawan mengembangkan permainan. Pelan tapi pasti, Rizki terus memimpin perolehan angka sampai sulit untuk dikejar lawan.

Di game kedua, Muskens/Piek mengubah taktik permainan dengan banyak melancarkan serangan dan mempercepat tempo permainan. Tampaknya pasangan rangking 11 dunia ini tak mau terjebak ke permainan lambat yang diterapkan Rizki/Tiara di game pertama.

Rizki/Tiara masih tertinggal di interval game kedua dengan kedudukan 9-11. Beberapa kali gagal menyeberangkan bola di bibir net, membuat pasangan Indonesia tertinggal 11-15. Namun kegigihan Rizki/Tiara akhirnya membuat mereka balik unggul jadi 19-15, pada kedudukan 20-16, Rizki/Tiara belum mampu menyelesaikan pertandingan. Muskens/Piek kembali menekan dan membobol pertahanan Rizki/Tiara, game ketiga terpaksa dimainkan.

Di game ketiga, Rizki/Tiara juga sudah unggul jauh 16-11. Keadaan makin genting saat lawan kembali menyamakan kedudukan di saat-saat kritis menjadi 18-18. Adu setting tak dapat dihindari lagi, pasangan Indonesia justru banyak melakukan kesalahan sendiri dan tak berhasil menahan tekanan demi tekanan yang terus dilancarkan Muskens/Piek.

“Mungkin hari ini kami kurang hoki, sudah unggul 20-16, mau cari satu poin saja rasanya susah banget. Kami terbawa suasana, mau cepat-cepat mematikan lawan, jadinya malah terburu-buru dan mati sendiri,” jelas Tiara tentang pertandingan.

“Sebagai evaluasi, kami harus lebih tenang, fokus dijaga terus. Kalau fokus sudah berantakan, mau main apa saja susah. Kalau bisa dijaga fokusnya, permainan akan mengikuti sendiri,” tambah Tiara.

“Sebetulnya lawan sering out juga pukulannya, tetapi kami terbawa suasana inginnya matiin lawan terus, nafsu banget,” tutur Rizki lesu.

Saat berita ini diturunkan, tengah bertanding pasangan ganda campuran Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika melawan unggulan pertama dari Tiongkok, Zhang Nan/Zhao Yunlei. Sementara kedudukan 21-11 untuk keunggulan Zhang/Zhao.

Saksikan siaran langsungnya hanya di Trans 7!