(BCA Indonesia Open 2016) Berbekal Ketenangan, Ihsan Sukses Tembus Semifinal

(Jakarta, 3/6/2016)

Dua kekalahan wakil Indonesia di babak perempat final BCA Indonesia Open Super Series Premier 2016 tak mempengaruhi Ihsan Maulana Mustofa, pemain tunggal putra muda Indonesia. Perjuangan Ihsan membuahkan kemenangan atas Rajiv Ouseph, wakil Inggris, dengan skor 17-21, 21-12, 21-12 dan melaju ke semifinal.

Penampilan Ihsan memang kurang meyakinkan di game pertama, banyak serangan-serangannya yang tidak dapat menembus pertahanan Ouseph, tak jarang pula smash kerasnya menyangkut di net. Ihsan juga belum mengeluarkan seluruh kemampuannya di game pertama.

Pada game kedua, Ihsan lagi-lagi tertinggal 6-10. Tujuh poin kemudian diraih Ihsan dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan Ouseph. Ini menjadi titik balik kebangkitan Ihsan. Rasa percaya diri pemain klub Djarum ini makin berkobar. Ouseph tampaknya tidak mengantisipasi hal ini.

Ihsan tampil makin tenang di game ketiga, sebaliknya Ouseph seolah ‘kehabisan bahan bakar’. Penempatan bola-bola Ihsan semakin menyulitkan pergerakan Ouseph, Ihsan pun semakin merajalela, game ketiga kembali direbut.

“Di game pertama saya banyak ragu-ragu, belum bisa menemukan permainan yang tepat. Selanjutnya, saya melihat dia sudah capek, langsung saya bermain menyerang. Terima kasih atas dukungan supporter Indonesia, Apalagi kalau dengar teriakan penonton ‘eea, eea’ , bawaannya mau smash terus, ha ha ha,” ujar Ihsan yang baru pertama kali menembus semifinal turnamen level super series premier.

“Saya sempat ketinggalan di game ketiga, tapi saya tidak memikirkan apa-apa, saya sangat tenang, saya tidak takut. Pelatih menyemangati saya, katanya saya tidak main sendirian, tetapi ada pelatih dan ada supporter, saya jadi makin yakin. Saya sudah merencanakan, saya ingin tampil tenang, saya ingin menikmati pertandingan ini,” tuturnya.

“Setelah Piala Thomas 2016, mental saya agak sedikit kendor, tetapi saya berusaha untuk meningkatkan rasa percaya diri lagi. Saya, Jonatan (Christie), dan Anthony (Sinisuka Ginting) sebetulnya tidak kalah dari pemain level super series, kami bisa mengalahkan pemain-pemain di top 20 dunia,” pungkas Ihsan.

Ihsan merupakan wakil pertama yang lolos ke babak semifinal. Pasangan ganda putri Rizki Amelia Pradipta/Tiara Rosalia Nuraidah dan Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani serta pasangan ganda campuran Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika belum berhasil melaju ke semifinal. Hasil sementara babak perempat final BCA Indonesia Open Super Series Premier 2106 dapat dilihat di sini. (*)