(Piala Thomas dan Uber 2016) Indonesia Tertinggal 0-1 dari Denmark

(Kunshan, 22/5/2016)

Tim Thomas Indonesia sementara tertinggal 0-1 dari Denmark pada final Piala Thomas 2016. Poin pertama diamankan Denmark lewat kemenangan Viktor Axelsen atas Tommy Sugiarto dengan skor 17-21, 18-21.  

Di game pertama, Axelsen memimpin perolehan angka jauh meninggalkan Tommy hingga 7-2. Bermain hati-hati, Axelsen jarang membuat kesalahan sendiri. Tommy pun bermain cukup baik di awal game, namun ia beberapa kali gagal mengantisipasi smash menukik Axelsen yang berpostur tinggi. Usai interval game pertama, Tommy mempercepat tempo permainan dan bermain lebih agresif, ia sempat mendekat 16-17. Namun Tommy lagi-lagi belum berhasil mengatasi serangan Axelsen. Pengembalian Tommy yang terlalu memanjang ke belakang, membuat Axelsen mengamankan game pertama.

Tommy balik mengungguli Axelsen 6-3 di game kedua. Berbeda dengan di game pertama, kali ini Tommy lebih sering melancarkan serangan ke arah pertahanan Axelsen. Keadaan makin menegangkan saat Axelsen menyambar pengembalian tanggung dari Tommy hingga kedudukan menjadi imbang 6-6. Tommy mencoba bermain lebih tenang, kesabarannya membuahkan hasil. Tommy memimpin 11-8 di game kedua.  

Saat unggul di kedudukan 16-13 di game kedua, Tommy melap lapangan dengan handuknya sendiri, karena permintaannya kepada wasit kerapkali ditolak. Kesalahan beruntun yang dilakukan Tommy membuat Axelsen balik unggul 20-18 dan memenangkan partai pertama. Axelsen pun meluapkan kegembiraannya dengan berlari keluar lapangan sambil membuka bajunya.  

“Saat memimpin di game kedua, saya tidak bisa mengontrol keadaan di lapangan yang licin sekali. Saya izin wasit supaya lapangan saya dilap, tetapi tidak diizinkan, sampai saya harus melap sendiri. Saat itulah konsentrasi saya buyar,” kata Tommy.

“Axelsen bermain menyerang dan dia terus menekan, dia juga lebih tenang di akhir-akhir game kedua. Namun saya yakin tim Indonesia masih punya peluang, perjalanan masih panjang. Saya harap teman-teman bisa tampil tenang,” ungkap Tommy.

Pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan akan turun di partai kedua melawan Mads Pieler Kolding/Mads Conrad-Petersen.

Pertandingan final Piala Thomas antara Indonesia melawan Denmark dapat disaksikan sekarang di Kompas TV.

Hasil sementara babak final Piala Thomas 2016 dapat dilihat di sini. (*)