(Piala Thomas dan Uber 2016) Indonesia Samakan Kedudukan 1-1 atas Denmark

(Kunshan, 22/5/2016)

Tim Thomas Indonesia mengimbangi perolehan skor Denmark 1-1 pada partai final Piala Thomas 2016 yang kini tengah berlangsung di stadion Kunshan Sport Center, Tiongkok. Angka pertama Indonesia disumbangkan pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang mengalahkan Mads Pieler Kolding/Mads Conrad-Petersen dengan skor 21-18, 21-13. Sebelumnya Tommy Sugiarto dikalahkan oleh tunggal pertama Denmark, Viktor Axelsen, 17-21, 18-21.

Hendra/Ahsan sempat ketinggalan di game kedua 6-8. Sebagian besar angka yang diraih Kolding/Petersen adalah hasil dari kesalahan Hendra/Ahsan. Sejak mampu menyamakan kedudukan 15-15, Hendra/Ahsan mengambil alih irama permainan. Dengan perpaduan dropshot dan smash tajam, Hendra/Ahsan sukses membobol pertahanan duo Mads.

Di game kedua, Hendra/Ahsan sudah memegang kendali permainan dan unggul jauh 11-6 di interval game. Hendra/Ahsan jarang sekali mengangkat bola, mereka tak mau memberi kesempatan kepada Kolding/Petersen untuk melakukan serangan, apalagi kedua pemain Eropa tersebut memiliki postur tinggi, akan sangat sulit mengembalikan smash mereka yang menukik tajam. Keunggulan Hendra/Ahsan hingga 16-7 membuat Kolding/Petersen terlalu sulit untuk menyusul, mereka pun menyerah.

“Kami berdua bersyukur bisa menyumbang angka pertama untuk Indonesia dan membuat keadaan imbang 1-1. Kekalahan Tommy (Sugiarto) di partai pertama tidak mempengaruhi kami karena kami tidak mau memikirkan partai pertama tetapi fokus pada pertandingan kami,” ujar Ahsan usai laga.

“Kami sudah mempersiapkan strategi melawan Kolding/Petersen, kami bisa menjalankan strategi tersebut. Hari ini kami bisa bermain dengan tenang dan berkonsentrasi,” tambah Hendra.

“Semoga kemenangan kami dapat memotivasi teman-teman yang lain di tim Thomas,” ucap Ahsan.

Di partai ketiga, pemain muda Anthony Sinisuka Ginting akan berhadapan dengan Jan O Jorgensen. Rekor pertemuan kedua pemain sementara masih 0-0.

Siaran langsung partai final Piala Thomas 2016 antara Indonesia melawan Denmark dapat disaksikan di Kompas TV. (*)