(Piala Thomas dan Uber 2016) Denmark Kembali Unggul 2-1 atas Tim Thomas Indonesia

(Kunshan, 22/5/2016)

Jan O Jorgensen masih terlalu tangguh buat Anthony Sinisuka Ginting. Tunggal putra kedua Denmark ini menambah keunggulan timnya atas Indonesia menjadi 2-1 pada laga final Piala Thomas 2016. Partai ketiga menjadi milik Jorgensen usai menang 21-17, 21-12.

Pada game pertama, Anthony belum dapat mengimbangi permainan Jorgensen. Kesalahan-kesalahan tak perlu sering dilakukan Anthony hingga membuatnya bermain dalam tekanan. Jorgensen unggul jauh 14-7. Anthony sempat mengejar, namun Jorgensen terus mengungguli Anthony di bola-bola depan, beberapa kali pengembalian Anthony gagal di net. Unggul 16-12, Jorgensen mendapat kartu kuning dari wasit. Saat mulai menemukan tempo permainannya, Anthony sudah terlalu jauh tertinggal, game pertama pun harus lepas.

Di game kedua, Jorgensen kian menunjukkan kematangannya sebagai pemain yang lebih berpengalaman dan lebih senior dari Anthony. Ia seolah sudah dapat membaca permainan Anthony dan tahu dimana titik lemah Anthony. Sebaliknya, Anthony masih sering ragu-ragu dalam mengembalikan bola. Akurasi pukulan yang kurang baik dari Anthony tampaknya membuat pemain berusia 19 tahun ini menjadi sedikit tak yakin dengan pukulan-pukulannya.

“Ini adalah pengalaman saya bertanding di Piala Thomas dan atmosfernya memang berbeda dengan turnamen perorangan. Banyak pelajaran yang saya petik dari pertandingan tadi, saya harus lebih tenang lagi, secara teknik, stroke Jorgensen memang lebih matang,” kata Anthony setelah pertandingan.

“Jorgensen lebih berpengalaman dari saya, dia tidak mudah dimatikan. Selain itu, saya yang tampil kurang sabar. Jorgensen sudah bisa membaca kalau saya akan memberi bola-bola depan, dia sudah siap menunggu di depan net,” jelas Anthony.

“Pelatih menginstruksikan saya untuk membuat Jorgensen berlari mengejar bola, karena, dia selalu menunggu saya di depan net. Selain itu saya juga diminta tetap semangat,” tambah Anthony.

Indonesia berpeluang untuk menyamakan kedudukan lewat partai keempat yang akan memainkan nomor ganda putra. Pasangan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi melawan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Klik di sini untuk melihat hasil sementara babak final Piala Thomas 2016 antara Indonesia melawan Denmark. Siaran langsungnya dapat disaksikan sekarang di Kompas TV. (*)