(Piala Thomas dan Uber 2016) Tiongkok Pertahankan Piala Uber 2016

(Kunshan, 21/5/2016)

Taklukkan Korea 3-1, Tim Uber Tiongkok kembali mempertahankan Piala Uber untuk keempatbelas kalinya. Li Xuerui yang turun sebagai tunggal pertama, membuka kemenangan Tiongkok usai mengalahkan Sung Ji Hyun, dengan skor 14-21, 21-13, 21-10.

Korea menyamakan kedudukan saat partai kedua dicuri pasangan Jung Kyung Eun/Shin Seung Chan dari pasangan emas Olimpiade London 2012, Tian Qing/Zhao Yunlei, lewat permainan rubber game dengan skor 16-21, 21-17, 25-23.

Absennya tunggal kedua Korea, Bae Yeon Ju, memang disayangkan. Bae mengalami cedera saat berhadapan dengan Akane Yamaguchi (Jepang), di babak semifinal. Kim Hyo Min yang menggantikan posisi Bae, masih kurang berpengalaman. Ia dikalahkan dua game langsung oleh Wang Shixian, 13-21, 12-21.

Penentu kemenangan tim Tiongkok adalah pasangan Chen Qingchen/Tang Yuanting. Pasangan muda ini mengalahkan Chang Ye Na/Lee So Hee, dalam dua game langsung, 21-14, 21-16.

“Kami senang dengan kemenangan hari ini, karena pemain muda bisa jadi penentu kemenangan. Kami mengharapkan menang 3-0 hari ini, namun Korea memang lawan terberat kami,” ujar Li Yongbo, Kepala Pelatih Tim Tiongkok.

Jepang dan India masing-masing mendapat medali perunggu. Tim Uber Indonesia dihentikan Korea di babak perempat final dengan skor 3-0.

“Tim Uber Indonesia memang masih satu tingkat dibawah Korea. Apalagi dengan absennya Nitya (Krishinda Maheswari). Mungkin kalau ada Nitya, Fitriani bisa berbuat lebih dari yang dia lakukan di perempat final melawan Korea. Kami yakin dua tahun lagi tim Uber pasti bisa diandalkan, asalkan mau belajar dan berlatih lebih baik lagi, jangan merasa cukup. Setiap hari orang melihat kita, kalau sudah muncul di turnamen besar pasti dilihat, jadi setiap hari kita harus improve kemampuan kita,” kata Rexy Mainaky, Manajer Tim Thomas dan Uber Indonesia.

Berikut perjalanan tim Tiongkok menuju final :

Penyisihan Grup A

Tiongkok vs Malaysia 5-0

Tiongkok vs Spanyol 5-0

Tiongkok vs Denmark 5-0

Perempatfinal

Tiongkok vs Taiwan 3-0

Semifinal

Tiongkok vs India 3-0

Final

Tiongkok vs Korea 3-1