(Piala Thomas dan Uber 2016) Denmark Jadi Lawan Tim Thomas Indonesia di Final

(Kunshan, 21/5/2016)

Untuk kelima kalinya, tim Thomas Indonesia akan berhadapan dengan Denmark di final Piala Thomas. Laga puncak Piala Thomas 2106 akan kembali mempertemukan Indonesia dengan Denmark. Tim Thomas Denmark merebut tiket final setelah mengalahkan Malaysia, dengan skor 3-2. Sedangkan Indonesia di semifinal mengalahkan Korea dengan skor 3-1.

Kemenangan Denmark atas Malaysia bisa dibilang cukup mengejutkan, apalagi Denmark datang tanpa duet Mathias Boe/Carsten Mogensen di ganda putra. Mogensen sedang menjalani pemulihan atas penyakit yang dideritanya. Boe masuk sebagai anggota tim Thomas Denmark, ia dipasangkan dengan Mads Conrad-Petersen. Ditambah lagi, Jan O Jorgensen tidak diturunkan karena sedang mengalami cedera.

Malaysia merebut dua poin pertama dari kemenangan Lee Chong Wei dan pasangan Goh V Shem/Tan Wee Kiong. Di partai ketiga, Hans-Kristian Vittinghus menjadi penyelamat tim Denmark dan menyumbang angka pertama. Makin percaya diri, pemain-pemain Denmark kemudian kembali mengganas di partai keempat dan kelima.

Tim Thomas Indonesia terakhir kali bertemu Denmark di final Piala Thomas pada tahun 1996. Pada pertandingan yang berlangsung di Queen Elizabeth Stadium, Hong Kong, Indonesia memetik kemenangan dengan skor 5-0.

"Kami siap melawan Denmark, kami tidak melihat atau berpikir Denmark mudah dikalahkan, tapi kami tetap fokus dan konsentrasi ke pertandingan," ujar Rexy Mainaky, Manajer Tim Thomas dan Uber Indonesia.

Indonesia dan Denmark sudah empat kali berjumpa dengan Denmark di final Piala Thomas, dan dari keempat pertemuan tersebut, Indonesia selalu memetik kemenangan.   

Berikut hasil pertandingan tim Thomas Denmark melawan Malaysia (3-2):

Viktor Axelsen vs Lee Chong Wei 21-23, 18-21
Mathias Boe/Mads Conrad-Petersen vs Goh V Shem/Tan Wee Kiong 18-21, 18-21
Hans-Kristian Vittinghus vs Iskandar Zulkarnain Zainuddin 21-18, 21-18
Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen vs Koo Kien Keat/Tan Boon Heong 10-21, 21-8, 21-13
Emil Holst vs Chong Wei Feng 21-15, 21-18