(Piala Thomas dan Uber 2016) Tim Thomas Indonesia Sementara Tertinggal 0-1

(Kunshan, 20/5/2016)

Jonatan Christie belum berhasil menyumbang angka pertama untuk tim Thomas Indonesia. Skuad Merah-Putih sementara tertinggal 0-1 atas Korea pada babak semifinal Piala Thomas 2016. Poin pertama Korea disumbangkan Son Wan Ho setelah mengalahkan Jonatan dengan skor 21-10, 21-16.

Jonatan tak tampil pada permainan terbaiknya di game pertama. Penampilan Jonatan begitu berbeda dibanding penampilan-penampilan sebelumnya dimana ia begitu percaya diri dengan serangan-serangan tajamnya. Pada pertandingan yang berlangsung siang ini di Kunshan Sport Center, Jonatan banyak ragu-ragu, bahkan pukulan yang seharusnya tak sulit dikembalikan, gagal dikembalikan dengan baik.

“Kurang puas dengan penampilan hari ini, saya minta maaf karena saya belum bisa menyumbang poin untuk tim Indonesia. Dari sini saya belajar kalau melawan pemain top 10 dunia memang nggak gampang. Kalau kayak Hu Yun (Hong Kong), masih naik turun, tetapi kalau yang di 10 besar dunia ini sudah stabil, nggak gampang dimatiin dan mereka nggak gampang buat salah sendiri. Mungkin Son lebih percaya diri karena kemarin bisa mengalahkan Chen Long (Tiongkok),” ujar Jonatan setelah laga.

“Saya masih kalah dari segi kematangan dan ketenangan, kapan harus menyerang dan sabar dulu, saya akui masih kalah jauh dari Son. Jadi tunggal pertama sebetulnya ngga bikin tegang, saya sudah merencanakan untuk bermain sabar, tapi di lapangan malah beda hasilnya, malah buru-buru ingin mematikan lawan,” jelas Jonatan.

Kalah di game pertama, Jonatan mencoba untuk bangkit di game kedua. Ia bermain lebih sabar dan mengurangi kesalahan-kesalahan sendiri seperti yang banyak dilakukannya di game pertama. Son yang lebih berpengalaman pun bisa meladeni permainan Jonatan. Begitu ada kesempatan, Son langsung menghujankan smash kerasnya ke arah Jonatan.

“Son memang menunggu serangan saya, beberapa kali ada bola tanggung, saya smash dan dia bisa mengembalikan dengan baik. Habis itu sayanya yang malah nggak bisa balikin lagi. Di game kedua saya coba ngadu bola depan, waktu kedudukan 12-15, Son mengubah strategi, balik lagi saya nggak bisa ngatur lagi,” beber Jonatan.

Saat berita ini diturunkan, pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan tengah bertarung melawan Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong. Skor sementara 16-12 untuk keunggulan Hendra/Ahsan.

Hasil sementara babak semifinal Piala Thomas dan Uber 2016 dapat dilihat di sini. (*)