(Piala Thomas dan Uber 2016) Indonesia Turunkan Tiga Tunggal Muda di Laga Semifinal

(Kunshan, 20/5/2016)

Tiga tunggal putra muda Indonesia diturunkan pada laga semifinal Piala Thomas melawan Korea. Jonatan Christie yang biasanya turun sebagai tunggal kedua, kali ini didaulat menjadi ujung tombak tim dan turun sebagai tunggal pertama menggantikan Tommy Sugiarto yang diistirahatkan.

Jonatan bakal melakoni sebuah laga yang tidak mudah. Bukan cuma ditugasi membuka jalan bagi tim Thomas, Jonatan juga akan berhadapan dengan Son Jonatan mewaspadai serangan-serangan Son yang menjadi andalan pemain rangking sembilan dunia tersebut. Pemain tunggal andalan Korea ini juga sedang berada di puncak percaya diri karena mampu mengalahkan Chen Long sekaligus pembuka jalan bagi tim Korea mengalahkan Tiongkok, malam tadi.

“Tim Thomas Indonesia sudah siap melawan siapapun, termasuk tim Korea. Tommy sengaja diistirahatkan karena kondisinya kurang baik. Kekuatan tim Indonesia dan Korea sama kuat, saya rasa peluangnya 50-50,” ujar Rexy Mainaky, Manajer Tim Indonesia.

Laga kedua diperkirakan akan berlangsung sengit. Indonesia yang menurunkan andalan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, akan bertumpu pada partai kedua untuk menyumbangkan poin kemenangan. Hendra/Ahsan akan ditantang Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong, musuh bebuyutan mereka yang juga ganda putra rangking satu dunia.

Ini akan menjadi pertemuan ketigabelas buat kedua pasangan terbaik dunia ini. Tujuh laga dimenangkan Lee/Yoo, sedangkan Hendra/Ahsan tercatat menang lima kali termasuk pada pertemuan terakhir di Super Series Finals 2105, dengan skor 21-17, 22-24, 21-15. Hendra/Ahsan mesti siap menggempur pertahanan pasangan Korea yang terkenal kokoh. 

“Permainan Hendra/Ahsan dinilai paling cocok untuk menghadapi Lee/Yoo, kami berpeluang untuk mendapat poin di partai ini,” ujar Rexy kepada Badmintonindonesia.

Partai ketiga juga tak kalah pentingnya. Anthony Sinisuka Ginting yang belum pernah mengalami kekalahan sejak diturunkan di pertandingan tim Thomas Indonesia, kembali mengemban tanggung jawab untuk mencuri kemenangan dari Lee Dong Keun, tunggal kedua Korea. Meskipun Lee lebih senior dan punya rangking lebih baik, namun peluang Anthony tetap terbuka lebar. Jonatan yang kini duduk di rangking 23 dunia, seharusnya bisa tampil lepas melawan Lee yang ada di posisi 16 dunia.

Dua partai terakhir akan dijaga oleh Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dan Ihsan Maulana Mustofa.

“Dari tiga tunggal muda yang kami turunkan hari ini, semua punya peluang untuk menang. Kami berusaha untuk mencuri kemenangan di tiga partai pertama,” tambah Rexy.

Laga semifinal antara tim Thomas Indonesia vs Korea akan berlangsung pada Jumat (20/5), mulai pukul 13.00 waktu Kunshan. Saksikan siaran langsungnya cuma di Kompas TV!

Berikut susunan tim Thomas Indonesia vs Korea di semifinal:

Jonatan Christie vs Son Wan Ho

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong

Anthony Sinisuka Ginting vs Lee Dong Keun

Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi vs Kim Gi Jung/Kim Sa Rang

Ihsan Maulana Mustofa vs Jeon Hyeok Jin