(Piala Thomas dan Uber 2016) Angga/Ricky Antar Indonesia ke Final

(Kunshan, 20/6/2016)

Setelah enam tahun lamanya, tim Thomas Indonesia kembali menjajaki partai final perebutan supremasi beregu putra Piala Thomas. Indonesia terakhir kali berada di final Piala Thomas pada 2010 lalu di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kemenangan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi atas Kim Gi Jung/Kim Sa Rang dengan skor 21-15, 21-18, membuat tim Indonesia membungkam Korea dengan skor akhir 3-1 pada laga semifinal Piala Thomas 2016.

Keunggulan tim Thomas 2-1 membuat Angga/Ricky tampil begitu bersemangat di partai keempat. Bermain tenang, dua kemenangan sebelumnya atas Kim/Kim, membuat Angga/Ricky tampil percaya diri. Angga/Ricky menerapkan pola permainan yang hampir serupa dengan senior mereka, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, dengan tak mau mengikuti ritme permainan Kim/Kim yang keras dan cepat.

“Kami senang sekali bisa menjadi penentu kemenangan Indonesia. Kami tidak memikirkan soal menang atau kalah, yang penting konsentrasi dan jaga fokus. Dari tiga pertemuan sebelumnya dengan Kim/Kim, kami sudah tahu kekurangan dan kelebihan mereka, kami juga hari ini lebih siap dari lawan,” jelas Angga.

“Kami bermain lebih baik dibanding dua pertandingan sebelumnya, kami bersyukur bisa menang dan menyumbang angka,” tambah Angga.

“Dari awal saya sudah siap sejak awal dan bisa menjaga kondisi. Sejak datang ke stadion saya lebih siap dengan pemanasan,” ujar Ricky.

Berikut hasil pertandingan tim Thomas Indonesia vs Korea (3-1)

Jonatan Christie vs Son Wan Ho 10-21, 16-21

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong 21-15, 21-12

Anthony Sinisuka Ginting vs Lee Dong Keun 21-18, 21-18

Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi vs Kim Gi Jung/Kim Sa Rang 21-15, 21-18

Ihsan Maulana Mustofa vs Jeon Hyeok Jin – tidak dimainkan