(Piala Thomas dan Uber 2016) Susunan Tim Thomas dan Uber Indonesia di Laga Perempat Final

(Kunshan, 19/5/2016)

Kejuaraan Piala Thomas dan Uber 2016 telah memasuki babak perempat final. Dari hasil undian yang berlangsung Kamis (19/5) dinihari, tim Thomas Indonesia kembali berjumpa dengan Hong Kong.

Meskipun sudah pernah menghabisi Hong Kong dengan skor telak 5-0 di penyisihan grup B, namun tim Thomas tak boleh lengah. Di final penyisihan. Hong Kong menyingkirkan tim Thailand dengan skor 4-1 dan menyalip posisi Thailand sebagai runner up grup B.

Pada pertandingan penyisihan melawan Indonesia pun, laga berlangsung sengit dan hampir semua partai berakhir dengan adu setting. Tommy Sugiarto yang menang dua game langsung atas tunggal andalan Hong Kong, Ng Ka Long Angus, sempat tertinggal di game kedua akibat kewalahan mengatasi serangan Ng yang terkenal tajam.

Di sektor ganda, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang turun di partai kedua, juga mendapat perlawanan sengit dari Or Chin Chung/Tang Chun Man. Pasangan Indonesia mesti waspada dengan permainan cepat Or/Tang.

Secara keseluruhan, tim Indonesia lebih berpeluang untuk memenangkan pertandingan, dengan catatan, tak boleh terlena dengan kemenangan di penyisihan.

“Optimis boleh, karena kami pernah mengalahkan Hong Kong di penyisihan. Tetapi ingat, tidak boleh terlalu percaya diri. Sebaiknya jangan terbebani juga karena Indonesia sudah pernah mengalahkan Hong Kong sebelumnya,” ujar Rexy Mainaky, Manajer tim Thomas dan Uber Indonesia.

Sebagai runner up grup, tim Uber Indonesia sudah harus menghadapi lawan berat di perempat final, yaitu Korea. Laga ini merupakan ulangan perempat final Kualifikasi Piala Uber zona Asia 2016 lalu. Tim Uber turun dengan perpaduan pemain junior dan senior. Maria Febe Kusumastuti masih dipercaya turun sebagai tunggal pertama dan akan berhadapan dengan Sung Ji Hyun.

Peluang tim Uber Indonesia memang berat, mengingat Korea memiliki kekuatan cukup merata, baik di sektor tunggal maupun ganda. Sedangkan Indonesia juga mengandalkan dua poin dari sektor ganda dan mencuri satu kemenangan di tunggal.

“Meskipun Korea punya ganda yang kuat, saya rasa kami juga punya peluang untuk mencuri angka di dua ganda. Satu angka lagi diharapkan datang dari tunggal kedua atau tunggal ketiga,” ungkap Rexy kepada Badmintonindonesia.org.

“Di sektor ganda, kami perlu turunkan Greysia karena dengan memasangkan Greysia/Anggia, kesempatan untuk ambil poin di dua ganda sangat besar. Dan kami memilih Gregoria untuk turun di partai kelima karena tipe permainan Gregoria pas untuk lawan pemain tunggal ketiga Korea,” tambah Rexy.

Inilah susunan Tim Thomas Indonesia vs Hong Kong:

Tommy Sugiarto vs Ng Ka Long Angus

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs Or Chin Chung/Tang Chun Man

Jonatan Christie vs Hu Yun

Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi vs Law Cheuk Him/Yeung Shing Choi

Ihsan Maulana Mustofa vs Wei Nan

Susunan tim Uber Indonesia vs Korea:

Maria Febe Kusumastuti vs Sung Ji Hyun

Greysia Polii/Anggia Shitta Awanda vs Jung Kyung Eun/Shin Seung Chan

Fitriani vs Bae Yeon Ju

Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari vs Chang Ye Na/Lee So Hee

Gregoria Mariska vs Kim Hyo Min