(Piala Thomas dan Uber 2016) Hendra/Ahsan Belum Berhasil Sumbang Poin, Indonesia vs Hong Kong 1-1

(Kunshan, 19/5/2016)

Tim Thomas Hong Kong berhasil membuat kejutan dalam laga melawan Indonesia di babak perempat final Piala Thomas 2016. Or Chin Chung/Tang Chung Man sukses menundukkan pasangan andalan Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, dalam dua game langsung dengan skor 21-17, 21-19. Kedudukan kedua tim kini imbang 1-1. Di partai pertama, Tommy Sugiarto menyumbang angka pertama untuk Indonesia setelah menekuk Ng Ka Long Angus, 11-21, 21-19, 21-15.

Penampilan pasangan Juara Dunia 2013 dan 2015 ini memang bisa dikatakan under-performed. Dari segi pertahanan, Hendra/Ahsan masih sering gagal membendung smash-smash menukik yang dilancarkan Or/Tang. Serangan-serangan Hendra/Ahsan pun tak setajam biasanya. Pada laga penyisihan grup B beberapa hari lalu, Hendra/Ahsan juga dibuat kesulitan dan terpaksa menjalani setting sebelum akhirnya menang 22-20, 22-20

Sempat memimpin 18-16, Hendra/Ahsan kembali bermain dibawah tekanan ketika gagal mengatasi serangan-serangan Or/Tang.

“Lawan lebih unggul di poin-poin kritis, mereka terus menekan, kami tidak siap di sini dan terlalu terburu-buru. Sebetulnya strategi yang sudah kami persiapkan bisa berjalan, namun lawan memang lebih bagus hari ini,” jelas Hendra ketika ditanya soal permainan.

“Hasil ini memang tidak sesuai harapan, kami berharap teman-teman yang lain bisa menang,” jawab Ahsan singkat.

Jonatan Christie yang turun di partai ketiga, berhasil mengamankan game pertama dengan skor 21-14 atas Hu Yun. Hasil sementara pertandingan tim Thomas Indonesia vs Hong Kong bisa dilihat di sini. (*)