(Piala Thomas dan Uber 2016) Febe Ditundukkan Sung, Tim Uber Tertinggal

(Kunshan,19/5/2016)

Tim Uber Indonesia sementara ketinggalan 0-1 atas Korea. Maria Febe Kusumastuti yang turun sebagai ujung tombak tim, belum berhasil membuka jalan bagi tim Indonesia, ia ditaklukkan tunggal putri andalan tim Negeri Ginseng, Sung Ji Hyun, dengan skor 13-21, 12-21.

Jika melihat pada rekor pertemuan sebelumnya, Febe belum pernah berhasil menaklukkan Sung. Pada pertemuan terakhir di Kualifikasi Piala Uber zona Asia 2016, Febe juga takluk usai bermain tiga game dengan skor 6-21, 21-19, 13-21.

Sebelum kehilangan game pertama, Febe sempat memberikan perlawanan kepada Sung. Febe tampil ulet dan rajin mengambil bola yang diarahkan Sung ke tiap sudut lapangan. Berkat kesabarannya, Febe yang tertinggal 6-11 memperkecil ketertinggalan menjadi 11-13. Akan tetapi, Sung kemudian tak memberi kesempatan pada Febe, pukulan-pukulan tajamnya semakin menyulitkan Febe. Kesalahan sendiri yang dilakukan Febe semakin membuatnya bermain dalam tekanan, Febe kehilangan game pertama.

Tak mau menyerah begitu saja, Febe mencoba berbagai jalan untuk meredam Sung di game kedua. Dengan memperkokoh pertahanannya, Febe membuat Sung harus kerja keras untuk melancarkan serangan. Febe mengambil alih irama permainan dan unggul 8-5.

Sung mencoba untuk kembali ke irama permainannya dan membuat Febe lagi-lagi sulit berkutik. Satu dropshot di depan net yang gagal dikembalikan Febe, membuat Sung merebut partai pertama.  

“Sebetulnya saya sudah mempersiapkan diri mau bermain seperti apa melawan Sung. Kami kan sudah beberapa kali bertemu. Sung sering menyerang area overhead saya, jadi saya sudah menjaga di bagian ini, antisipasi bola-bola yang diarahkan memanjang ke belakang,” ungkap Febe.

“Namun setiap pergantian interval, Sung selalu mengubah strategi dengan banyak menyerang area depan saya. Misalnya dengan chop-chop di depan, netting, dan membuat saya terpaksa memberi pengembalian tinggi dan tanggung,” ujar  Febe.

“Pergerakan saya memang tidak secepat di pertandingan-pertandingan sebelumnya. Saya optimis tim Indonesia masih bisa, kalau di dua ganda kita bisa menang, saya optimis Gregoria bisa menang, walaupun melawan pemain yang peringkatnya lebih tinggi,” tutur Febe.

Saat berita ini diturunkan, pasangan ganda putri dadakan Greysia Polii/Anggia Shitta Awanda sedang bertanding di game pertama melawan Jung Kyung Eun/Shing Seung Chan.

Hasil sementara pertandingan tim Uber Indonesia vs Korea bisa dilihat di sini. (*)