(Piala Thomas dan Uber 2016) Tim Thomas Indonesia Juara Grup B

(Kunshan, 18/5/2016)

Tim Thomas Indonesia menduduki posisi puncak klasemen grup B Piala Thomas 2016 setelah mengantongi tiga kemenangan dari tiga pertandingan penyisihan. Kemenangan pertama diraih atas Hong Kong dengan menyapu bersih semua nomor 5-0. Tim Thomas Indonesia juga memetik kemenangan pada laga melawan Thailand dengan skor 4-1. Menghadapi India, tim Thomas sementara unggul 3-0.

Pada pertandingan melawan India yang masih berlangsung hingga saat ini, kemenangan Indonesia dipastikan oleh Anthony Sinisuka Ginting yang mengalahkan Sai Praneeth setelah berjuang rubber game dengan skor 18-21, 21-11, 21-15.

Anthony semestinya bisa menyelesaikan pertandingan dalam dua game langsung. Pemain asal klub SGS PLN Bandung ini sudah unggul 15-11 di game pertama. Namun Anthony tak dapat memanfaatkan keunggulannya dan malah membuat kesalahan beruntun.

“Pada game pertama, saya banyak error sendiri, di keadaan yang nggak seharusnya mati malah mati. Padahal sudah unggul 3-4 poin dari lawan. Saat itu saya merasa terlalu terburu-buru ingin dapat angka, kurang mau mengolah bola,” kata pemain kelahiran Cimahi, 26 Oktober 1996 ini.

“Ada instruksi dari pelatih agar variasi pukulan saya lebih banyak lagi. Di game pertama, pukulan saya memang monoton dan gampang dibaca lawan. Dalam keadaan ini saya merasa nggak percaya diri dan mati sendiri,” tambahnya.

Penampilan Anthony membaik di game kedua, ia tampil lebih sabar dan sudah menjaga serangan-serangan balik yang dihujankan Praneeth. Selain itu, Anthony juga mengatur ritme permainan dan tidak memberikan kesempatan lawan untuk menyerang lebih dulu.

“Saya lebih bisa mengatur tempo permainan di game kedua. Saya sudah tahu darimana bisa mendapatkan poin. Saya nggak terlalu mikirin pressure mau nyumbang angka, nanti malah mainnya nggak maksimal, yang penting main bagus dulu,” pungkas peraih medali perunggu tunggal putra di Youth Olympic 2014 ini.

Saat berita ini diturunkan, pasangan dadakan Hendra Setiawan/Marcus Fernaldi Gideon sudah menyelesaikan game pertama di partai keempat, dengan skor telak 21-9 atas Summeth Reddy B/Satwiksairaj Rankireddy.

Pertandingan tim Thomas Indonesia vs India di babak penyisihan grup B dapat disaksikan secara langsung di Kompas TV. (*)