(Piala Thomas dan Uber 2016) Tommy Amankan Poin Pertama, Indonesia vs Thailand 1-0

(Kunshan, 17/5/2016)

Menampik keraguan banyak orang akan duelnya dengan Tanongsak Saensomboonsuk, Tommy Sugiarto menang dua game langsung dengan skor 24-22, 21-18. Kemenangan ini membawa tim Thomas Indonesia sementara unggul 1-0 atas Thailand di babak penyisihan grup B Piala Thomas 2016.

Tunggal pertama Thailand, Boonsak Ponsana, sengaja tidak diturunkan melawan Tommy. Sebetulnya Tommy lebih cocok dengan bola-bola Ponsana, dan agak kesulitan dengan Saensomboonsuk. Namun kali ini Tommy menyelesaikan tugasnya dengan baik dan menyumbang angka untuk tim Indonesia.

Sejak awal game, duel Tommy dan Saensomboonsuk sangat seru. Sudah game poin 20-17, Tommy belum bisa menyelesaikan permainan. Berhasil meredam kekecewaannya terhadap keputusan wasit, Tommy kembali konsentrasi ke permainan dan akhirnya menghentikan perlawanan Saensomboonsuk.

Pada penampilannya malam ini, Tommy mampu meredam serangan-serangan Saensomboonsuk yang diakuinya memang merepotkan. Ditambah lagi, Saensomboonsuk adalah pemain kidal yang pengembalian bolanya menyulitkan. Dengan keuletannya, Tommy sukses mengejar kemana saja bola diletakkan Saensomboonsuk, buah kesabarannya pun dipetik Tommy, satu angka untuk keunggulan Indonesia.

“Waktu lawan bisa menyamakan kedudukan di game pertama tapi saya berusaha tenang. Saya banyak membuang poin karena saya kecewa dengan keputusan wasit yang mengatakan bola saya keluar. Waktu 20-20 saya berusaha fokus dapat satu demi satu poin,” ujar Tommy.

“Game pertama itu sangat penting, pemain seperti Saensomboonsuk itu kalau sudah menang di game pertama, dia akan lebih semangat dan sulit dihentikan. Dia pemain dengan serangan yang agresif,” kata peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia 2014 ini.

“Di game kedua saat ketinggalan, saya berusaha keluar dari tekanan. Saya lihat lawan tenaganya sudah terkuras, jadi saya memanfaatkan kesempatan dan bermain lebih agresif, karena saya tidak mau game ketiga dimainkan,” pungkas Tommy.  

Di partai kedua, tengah bertanding pasangan ganda putra Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi melawan Kedren Kittinupong/Nipitphon Puangpuapech. 

Saksikan perjuangan tim Thomas Indonesia melawan Thailand hanya di Kompas TV dan dukung terus tim bulutangkis Indonesia! (*)