(Piala Thomas dan Uber 2016) Tim Thomas Indonesia Unggul 2-0 dari Hong Kong

(Kunshan, 15/5/2016)

Kemenangan pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menjadikan tim Thomas Indonesia kian unggul atas Hong Kong dengan skor sementara 2-0 pada penyisihan grup B Piala Thomas. Hendra/Ahsan menang dalam dua game langsung, 22-20, 22-20, atas Or Chin Chung/Tang Chun Man.

“Kami sudah pernah bertemu dengan Or/Tang sebelumnya dan pertandingan memang ramai, jadi kami sudah antisipasi kalau hari ini akan sengit juga, sudah kami prediksi. Lawan memang tidak mudah dikalahkan, bukannya kami menganggap remeh,” kata Ahsan usai laga.

“Sempat kagok karena kedua lawan kami adalah pemain kidal, kadang lupa kalau mereka kidal. Kalau menghadapi pemain kidal dan salah mengarahkan bola, bisa berbahaya,” tambah Ahsan.

Kemenangan ini makin memperkuat rekor pertemuan Hendra/Ahsan atas Or/Tang menjadi 2-0. Pada ajang kualifikasi Piala Thomas 2016 di Hyderabad, India, Hendra/Ahsan juga menang dengan skor 24-26, 21-17, 21-19.

Pertemuan terakhir yang berlangsung begitu sengit tampaknya menjadi pengalaman berharga buat Hendra/Ahsan. Pasangan Juara Dunia 2013 dan 2015 ini tampak sudah mengantisipasi permainan Or/Tang. Meskipun demikian, laga partai kedua berlangsung menegangkan, dimana Hendra/Ahsan seringkali ketinggalan.

Hendra/Ahsan menunjukkan kelasnya dengan tampil tenang di poin-poin kritis. Baik di game pertama maupun game kedua, pasangan rangking dua dunia ini mampu mengambil alih permainan di poin-poin akhir, hingga terpaksa terjadi setting di kedua game.

“Or/Tang adalah pasangan yang bagus, mereka permainannya cepat. Namun kami berusaha tampil lebih tenang dan mendahului bola-bola depan,” tutur Hendra membeberkan kunci kemenangan.

“Kami memang mempelajari permainan kami pada saat pertemuan terakhir dengan Or/Tang. Sebelum tanding kami memang selalu mempelajari permainan lawan, siapapun lawan yang akan kami hadapi,” pungkas Ahsan

Satu partai penentu akan mempertemukan dua pemain muda dan pemain senior yaitu Jonatan Christie dan Hu Yun. Akankah Jonatan kembali menjadi pahlawan penentu kemenangan  tim Thomas seperti final Asia Team Championships 2016 lalu? Temukan jawabannya di siaran langsung penyisihan grup C Piala Thomas antaran Indonesia melawan Hong Kong hanya di Kompas TV.

Klik di sini untuk melihat hasil sementara babak penyisihan grup Piala Thomas 2016. (*)