(Piala Thomas dan Uber 2016) Indonesia Unggul 1-0 Atas Bulgaria

(Kunshan, 15/5/206)

Kemenangan Maria Febe Kusumastuti membawa tim Uber Indonesia sementara unggul 1-0 dari Bulgaria pada penyisihan grup C Piala Uber 2016. Febe menang dua game langsung atas Linda Zetchiri, dengan skor 21-12, 24-22.

Skor pertemuan Febe-Zetchiri kini kian diungguli Febe dengan skor telak 3-0.

“Saya senang sekali bisa meraih kemenangan di partai pertama karena ini adalah modal buat teman-teman di tim Uber. Waktu pertemuan dengan tim sebelum main, kami diingatkan kalau Bulgaria akan mencoba untuk memenangkan tiga partai pertama, jadi kami yang turun di partai itu harus lebih fokus dan bertanggungjawab mengamankan poin,” kata Febe usai laga.

Febe bermain cukup baik di pertandingan pertama tim Uber hari ini, Minggu (15/5). Pemain asal klub Djarum ini langsung menguasai ritme permainan dan membuat Zetchiri tak dapat berkutik. Di game pertama, Febe menerapkan permainan reli yang membuat Zetchiri harus berlari ke sudut lapangan untuk mengambil bola pengembalian Febe. Tipe permainan ini memang disukai Febe yang memiliki pergerakan kaki yang lincah.

Pada game kedua, terjadi kejar-kejaran angka antara kedua pemain. Febe yang unggul 17-15, balik tertinggal 19-17. Kondisi lapangan yang berangin membuat pukulan-pukulan Febe jatuh di arena luar lapangan, poin Zetchiri terus bertambah dan terpaksa terjadi setting. Saat kedudukan 22-22, Zetchiri gagal melakukan servis, Febe kembali mendapatkan kepercayaan diri untuk menyudahi permainan. Satu dropshot tajam dari Febe yang tak dapat dikembalikan Zetchiri membuat Febe game kedua dan menyumbangkan angka pertama untuk tim Uber Indonesia.

“Di game kedua, saya dapat lapangan yang searah angin, jadi banyak pukulan saya yang out, saya tidak bisa bermain reli. Berbeda dengan di game pertama dimana saya enak sekali memberi pengembalian lob dan chop, apalagi pergerakan lawan kurang bagus. Tetapi saya sudah hafal permainan dia karena sudah beberapa kali bertemu, jadi saya sudah menjaga bola pengembalian dia kemana,” tutur Febe.

“Semoga tim Uber bisa menang melawan Bulgaria, untuk pertandingan selanjutnya, kami tidak mau memikirkan dulu, kami ingin fokus di pertandingan pertama ini, seperti apa yang diinstuksikan pelatih,” jelas Febe.

Pada saat berita ini diturunkan, pemain tunggal putri Fitriani tengah berhadapan dengan Petya Nedelcheva di partai kedua. Fitriani sementara unggul 11-7 atas Nedelcheva.

Hasil sementara babak penyisihan grup Piala Uber 2016 dapat dilihat di sini. (*)