Inilah 10 Pebulutangkis Indonesia yang Bakal Berjuang di Olimpiade 2016

(Jakarta, 9/5/2016)

Sebanyak 10 pebulutangkis Indonesia akhirnya berhasil mengamankan tiket ke Olimpiade Rio de Janeiro yang akan dilangsungkan pada Agustus mendatang. Setahun belakangan memang menjadi tahun yang erat dengan nuansa kompetisi, semua tentu ingin meraih tiket ke olimpiade, mengingat berlaga di event olahraga sekelas olimpiade adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi seorang atlet. Apalagi bulutangkis merupakan salah satu olahraga yang andalan negeri ini untuk mendulang medali emas.

Penghitungan poin olimpiade dimulai pada 4 Mei 2015 hingga 1 Mei 2016. Indonesia menempatkan Tommy Sugiarto dan Linda Wenifanetri masing-masing di sektor tunggal putra dan tunggal putri. Pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dengan meyakinkan meraih tiket ke olimpiade dengan duduk di peringkat dua dunia, begitupun pasangan ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari.

Sektor ganda campuran berhasil meloloskan dua wakil yaitu pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto.

Di sektor tunggal putri, sempat terjadi kejar-kejaran peringkat antara Linda dan Maria Febe Kusumastuti, pemain binaan klub Djarum. Peringkat terakhir menyatakan Linda berada di posisi 22, dua tingkat lebih tinggi dari Febe yang duduk di posisi 24 dunia. Hal lain yang mendasari terpilihnya Linda adalah penghitungan hasil head to head melawan pemain-pemain top dunia seperti Carolina Marin (Spanyol), Ratchanok Intanon (Thailand), Wang Yihan (Tiongkok) dan sebagainya. Hasilnya, Linda tercatat memiliki skor lebih tinggi dari Febe.

“BWF (Badminton World Federation) sudah merilis daftar-daftar pemain yang berhak untuk berlaga di olimpiade dan nama Linda ada di urutan ke-15, dari segi peringkat dunia juga Linda berada diatas Febe. Selain itu, kami juga sudah menganalisa performance Linda dan Febe, secara hasil penghitungan head to head dengan pemain-pemain dunia, Linda lebih unggul,” ujar Rexy Mainaky, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI dalam konferensi pers di Pelatnas Cipayung, (Senin, 9/5).

Dua medali emas menjadi target tim bulutangkis di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Dua sektor yang paling berpeluang untuk memenuhi target ini adalah sektor ganda putra dan ganda campuran. Namun tak menutup kemungkinan sektor tunggal putra, tunggal putri dan ganda putri membuat kejutan dan menyumbangkan medali. (*)