992 Atlet Siap Berburu Gelar di Djarum Sirnas Premier Pertama


Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Djarum Sirkuit Nasional (Djarum Sirnas) Li Ning Open 2016 memiliki seri berlevel premier. Adalah Jakarta yang menjadi tempat pertama gelaran Djarum Sirnas Premier ini. Sebanyak 992 atlet akan bertarung di GOR Asia Afrika mulai hari ini (2/5) hingga Sabtu (7/5) mendatang.

­­

Salah satu yang membedakan Djarum Sirnas Premier dan Djarum Sirnas Reguler adalah dari segi poin yang di dapat oleh juara. Di Djarum Sirnas reguler, biasanya juara memperoleh poin sebesar 2500. Akan tetapi jika di Djarum Sirnas Premier, juara akan mendapat poin lebih banyak yakni 4000 atau setara dengan kejuaraan Internasional Challenge.

Tak hanya itu, jumlah peserta dari masing-masing kategori pun di batasi, seperti yang di jelaskan Eddyanto Sabarudin yang merupakan Kasubid Turnamen dan Perwasitan PB PBSI.

"Jumlah peserta di batasi.  Tunggal Putra menjadi 56 main draw di tambah 32 qualifying dan total 88. Sedangkan  tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran masing-masing menjadi  28 main draw di tambah 16 qualifying dan total 44," jelasnya.

Peserta yang tak hanya berasal dari tanah air ini akan bertarung di empat kategori, yaitu pemula (U15), remaja (U17), taruna (U19) dan dewasa untuk nomor tunggal putra dan tunggal putri. Dan kategori remaja (U17), taruna (U19) dan dewasa untuk nomor ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

"Jumlah pesrta tersebut berasal dari 86 klub nasional, 16 perwakilan Provinsi, dan sisanya dari luar negeri yakni Philippines, Malaysia, Korea, Japan, India, Vietnam, Slovakia, dan USA. Tentunya hal ini akan menambah persaingan dan keseruan di Djarum Sirnas Premier kali ini," pungkas Eddyanto.

Djarum Sirnas Premier pun sudah resmi bergulir sejak Senin (2/5) pagi tadi. Hari ini akan digelar babak kualifikasi untuk pemula, remaja, serta taruna, sementara itu di kategori dewasa, babak pertama tunggal dewasa putra akan mulai dipertandingkan pukul 19.00 WIB.