(Badminton Asia Championships 2016) Tommy Dihentikan Chen Long

(Wuhan, 29/4/2016)

Tommy Sugiarto masih belum mampu menahan laju Chen Long, Tiongkok, di perempat final Badminton Asia Championships 2016. Skor 16-21 dan 14-21 menjadi penanda akhir perjalanan Tommy di Wuhan Sports Center Gymnasium.

Tommy kalah di pertemuan kesepuluhnya dengan pemain rangking satu dunia tersebut. Sebelumnya, dari sembilan pertemuan, Tommy baru sekali saja bisa ungguli Chen Long. Yaitu pada Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2013.

Di game pertama, Tommy hanya unggul sesaat dengan 3-0 dan 4-2. Setelah itu, Chen Long balik unggul memberi jarak hingga akhir game pertama.

Masuk game dua, Tommy mencoba lagi untuk membuka peluangnya. Dia unggul 4-0 dan 6-2 dari Chen Long. Sayang, lagi-lagi Chen Long mengambil alih pertandingan dan terus menekan tunggal putra Indonesia tersebut. Tommy kalah usai main selama 50 menit.

“Saya berusaha untuk tampil yang terbaik. Tapi dia lebih siap untuk pertandingan kali ini. saya sudah coba maksimal, tapi saya akui dia masih lebih baik dari saya,” ungkap Tommy.

Badminton Asia Championships 2016 merupakan turnamen terakhir untuk penghitungan poin ke Olimpiade Rio 2016. Tommy mengaku, Badminton Asia Championships kali ini banyak digunakannya untuk membaca kekuatan tunggal putra secara keseluruhan. Tommy berharap di turnamen berikutnya, ia bisa tampil lebih baik hingga puncaknya di Olimpiade Rio 2016 mendatang.

“Ini bisa jadi tolak ukur saya untuk nanti menjelang Olimpiade. Karena sedikit banyak juga sudah tahu peta kekuatan di tunggal putra. Walaupun di sini saya belum bisa memberikan yang terbaik, saya akan mencoba lagi,” kata Tommy.

“Setelah ini saya akan ikut beberapa turnamen saja untuk menjaga kondisi dan meningkatkan kepercayaan diri. Saya ingin bisa fokus ke Olimpiade,” ujar Tommy lagi.

Babak semifinal tunggal putra didominasi pemain Tiongkok. Selain Chen Long, ada Lin Dan  dan Tian Houwei yang sudah aman di empat besar. Sementara satu tiket lagi masih diperebutkan antara pemain Malaysia, Lee Chong Wei dan Chou Tien Chen, Taiwan.

Hasil pertandingan babak perempat final Badminton Asia Championships 2016 selengkapnya bisa diakses di sini. (*)