(Liga Mahasiswa 2016) Putri UTP Buka Peluang Rebut Juara Ketiga

 

Tim bulu tangkis putri Universitas Tunas Pembangunan (UTP) buka peluang rebut juara katiga setelah kalahkan tim Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), 2-1 pada laga terakhir Pul Putri LIMA Badminton Kaskus Central Java and Yogyakarta Conference yang dihelat di GOR Klebengan, Yogyakarta, Rabu (27/4/2016).

Meski peluang putri UTP untuk melaju fase LIMA Badminton Nationals sudah tertutup setelah tim Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil mengkoleksi tiga kali kemenangan, tim putri UTP tetap bermain baik di laga terakhirnya ini.

Partai tripel menjadi pembuka kemenangan tim UTP. Namun, kemenangan yang diraih trio UTP, Maretta/Mayang/Yayang tidaklah mudah. Mereka dipaksa tripel UAJY yang dihuni oleh Apriyana/Kharisma/Yunita melakoni rubber set sebelum meraih kemenangan ini.

Pada set pertama, kedua trio tersebut langsung bermain dengan tempo cepat dan saling cetak poin. Namun, ketika skor sama kuat 4-4, Maretta dkk. mampu melesat meninggalkan poin Apriyana dkk. Bahkan, konsistensi permaian apik trio UTP tersebut mampu bertahan hingga dipengujung kemenangan. Hasilnya, set pertama ini menjadi milik Maretta dkk. setelah menuntasakan laga dengan skor 21-15.

Kalah di set pertama memicu permaianan Apriyana dkk. menjadi lebih agresif di set kedua ini. Mereka mampu memimpin laga dari awal hingga akhir set, sementara permainan maretta dkk. terlihat tidak biasanya. Terhitung delapan poin mereka buang sia-siang lewat kesalahan yang tidak perlu. Hasilnya, trio UAJY tersebut berhasil memaksa laga melakoni rubber set setelah menyelesaikan set kedua ini dengan kemenangan 14-21.

Jalannya pertandingan di set ketiga terlihat sangat menarik. Kedua trio tersebut bermain dengan tensi tinggi. Drama terjadi saat Maretta dkk. yang telah unggul enam poin di paruh set ketiga ini mampu diimbangi Apriyani dkk. 

Namun, ketika skor 8-8 Maretta dkk. kembali bangit. Hingga akhirnya tiga bola terakhir yang mereka lesatkan tidak mampu dikembalikan dengan sempurna. Hasilnya, pada set ketiga ini, trio UTP tersebut mampu menyudahi laga dengan skor 11-9 dan sekaligus membawa timnya unggul atas UAJY.

 

Lidya Niken Widowati Gandakan Kedudukan UTP

Unggulan tunggal putri UTP, Lidya Nike Widowati berhasil kunci kemenangan pada laga ini setelah memenangkan laga kontra Odillia Widi Grace dengan dua set langsung.

Penampilan Lidya Niken di ajang ini sangat mengesankan. Berhadapan dengan pemain dari dua tim sebelumnya, Lidya belum sekalipun menelan kekalahan.

Di set pertama, Lidya kembali tunjukkan kualitasnya. Laga baru saja dimulai, Lidya langsung melesat. Hingga paruh set pertama ini Lidya berhasil unggul dengan selisih enam poin 11-5. Usai turun minum, Lidya yang mempunyai ciri khas bermain dengan cerdik kembali bermain dengan tempo yang sama. Bahkan Lidya hanya memberikan empat poin tambahan bagi Odilia. Hasilnya, di set pertama ini Lidya berhasi meraih kemenangan dengan skor 21-9.

Sama halnya dengan set pertama, di set kedua ini Lidya kembali mampu memimpin poin dari awal hingga akhir laga. Akhirnya, di set kedua ini Lidya mampu menyudahi laga dengan skor identik, 21-9.

Sementara itu, di laga terakhir yang mempertandingkan partai ganda, tim UTP harus mengakui kemenangan tim UAJY. Sempat unggul di set pertama, tim UTP yang kembali menurunkan Maretta dan Mayang harus kalah menerima kekalahan di set kedua dan menyerah di rubber set oleh pasangan UAJY yang diperkuat oleh Monica dan Yunita. Pada partai ini, Monica dan Yunita berhasil meraih kemenangan dengan skor 14-21, 21-19 dan 11-4.

Dengan hasil ini, tim putri UTP kembali membuka peluang untuk merebut juara ketiga dengan menunggu hasil dari tim UGM kontra USM yang akan berlaga esok hari.