(Badminton Asia Championships 2016) Tontowi/Liliyana Hempaskan Xu/Ma

(Wuhan, 28/4/2016)

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sukses menghempaskan langkah pasangan Tiongkok, Xu Chen/Ma Jin di babak dua Badminton Asia Championships 2016. Tontowi/Liliyana berhasil tampil konsisten sejak babak pertama. Meski di pertengahan game kedua sempat tersusul, Tontowi/Liliyana berhasil mengatasinya dan merebut kemenangan, 21-12 dan 21-16.

“Kami bermain konsisten di lapangan. Dari awal juga kami coba sabar buat menghadapi lawan. Kami nggak terburu-buru. Cuma mungkin di pertengahan game kedua kami agak kendor di lapangan. Itu yang seharusnya kami antisipasi. Besok-besok nggak boleh kejadian kaya gitu lagi,” kata Tontowi.

Di pertengahan game kedua, Tontowi/Liliyana unggul tipis 5-3 dan 6-5. Namun tak lama kemudian, Xu/Ma balik menyusul menjadi 9-6 dan 14-8. Beruntung pasangan Indonesia kemudian bisa menyusul poin demi poin Xu/Ma menjadi 14-14. Setelahnya, Tontowi/Liliyana terus melesat menekan lawan hingga menang 21-16.

Tontowi/Liliyana dan Xu/Ma sudah 18 kali berhadapan sebelumnya. Pertemuan terakhir mereka terjadi di turnamen yang sama, tahun lalu. Pada Badminton Asia Championships 2015, Tontowi/Liliyana menang 21-12 dan 21-15.

Selanjutnya di babak perempat final, Tontowi/Liliyana akan berhadapan dengan Choi Solgyu/Eom Hye Won, Korea. Kedua pasangan ini belum pernah saling berhadapan.

Melihat peluang di atas kertas, Tontowi/Liliyana masih diunggulkan sebagai peringkat dua dunia. Sementara Choi/Eom duduk di peringkat 13 dunia. Meski begitu, Tontowi/Liliyana mengaku tetap waspadai pertandingannya besok (29/4).

“Pemain Korea itu terkenal ulet dan pantang menyerah. Jadi dari awal kami harus lebih siap lagi, sama siap capek aja,” ujar Liliyana.

Tontowi/Liliyana menjadi satu-satunya wakil ganda campuran yang tersisa. Sebelumnya, Praveen Jordan/Debby Susanto, Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja dan Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti, sama-sama dikalahkan Korea.

Hasil pertandingan babak dua Badminton Asia Championships 2016 selengkapnya, bisa diakses di sini. (*)