(Badminton Asia Championships 2016) Jonatan Kalah, Tommy Menang Mudah

(Wuhan, 28/4/2016)

Hasil berbeda terjadi pada dua tunggal putra Indonesia di babak dua Badminton Asia Championships 2016. Jonatan Christie kalah, sementara Tommy Sugiarto menang mudah dari lawannya.

Tommy melaju ke perempat final usai mengalahkan Boonsak Ponsana, Thailand. Tommy menang dua game langsung 21-17 dan 21-9. Melihat dari catatan pertemuan di lapangan, Tommy memang masih unggul 4-2 dari Boonsak.

Di perempat final, Tommy akan jumpa unggulan satu asal Tiongkok, Chen Long.

Ini akan menjadi pertemuan ke sepuluh bagi mereka. Tommy sendiri baru pernah menang sekali dari Chen Long. Yaitu pada tahun 2013, di Djarum Indonesia Open Super Series Premier. Tommy saat itu menang 21-11 dan 21-18.

Terakhir berhadapan di Denmark Open 2015, Tommy kalah 12-21 dan 12-21 dari pemain rangking satu dunia tersebut.

Sayang jejak Tommy tak bisa diikuti Jonatan. Jonatan kalah untuk yang ke tiga kalinya dari Tzu Wei Wang, Taiwan. Jonatan kalah usai main tiga game 9-21, 21-15 dan 18-21.

Sebelumnya Jonatan kalah dari Tzu pada Kualifikasi Asia Piala Thomas 2016 lalu di Hyderabad. Jonatan kalah dua game langsung 16-21 dan 18-21.

Meski kalah, penampilan Jonatan kali ini dinilai lebih baik oleh pelatihnya, Hendri Saputra. Dibanding dua pertemuan sebelumnya, Hendri menilai, Jonatan bisa mengatasi Tzu dengan benar, meski belum menang.

“Penampilan Jonatan lawan Tzu hari ini sudah cukup bagus. Cuma tadi ada salah sedikit aja di akhir. Dia mati di poin akhir. Pengaruhnya dari kepercayaan diri dia aja. Padahal mainnya sudah bagus. Walaupun kalah tapi ini mainnya sudah bagus. Sisanya dia hanya belum matang. Atau juga kalah pengalaman untuk memanfaatkan momen mencuri poin. Jonatan belum bisa mengatasi tekanan ini. Dia belum bisa melihat kondisi, untuk jangan kasih kebagusan lawan yang merugikan dia,” jelas Hendri kepada badmintonindonesia.org.

Hasil pertandingan babak dua Badminton Asia Championships 2016 selengkapnya, bisa diakses di sini. (*)