(Badminton Asia Championships 2016) Praveen/Debby Dan Edi/Gloria Lewati Rintangan Pertama

(Wuhan, 26/4/2016)

Dua pasangan ganda campuran Indonesia berhasil melewati lawan pertamanya di Badminton Asia Championships 2016. Praveen Jordan/Debby Susanto  dan Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja sama-sama bisa menang mudah dari lawan.

Butuh waktu 28 menit saja bagi Praveen/Debby untuk mengamankan kemenangannya. Dalam dua game, juara All England 2016 ini menang 21-9 dan 21-14 atas Chan Alan Yun Lung/Tse Ying Suet, Hong Kong.

Praveen/Debby memang masih jauh diunggulkan dari Chan/Tse. Tiga kali berhadapan pun, Praveen/Debby selalu bisa menaklukkan lawannya itu.

“Kalau dari segi permainan lawan kami bisa dibilang nggak ada masalah. Hanya tadi beberapa kali masih kagok sama lampunya, yang cukup terang. Tapi kesini-sini udah bisa menyesuaikan, menikmati permainan aja, biar keluar semuanya,” kata Debby.

“Kami masih bisa mengatasi permainan. Yang penting bisa enjoy aja di lapangan. Nggak usah mikir macem-macem. Kasih yang terbaik aja. Tidak terbeban apapun,” ujar Praveen.

Selanjutnya di babak dua, Praveen/Debby akan bertemu pasangan Korea, Kim Gi Jung/Shin Seung Chan. Mereka pernah berhadapan satu kali, di India Open Grand Prix Gold 2016 lalu. Praveen/Debby saat itu menang 21-18 dan 21-14.

Sementara itu, Edi/Gloria melaju usai menang atasi wakil Yordania, Mohd Naser Mansour Nayef/Mazahreh Leina Fehmi. Edi/Gloria menang 21-14 dan 21-9, dalam 20 menit.

Di babak dua, Edi/Gloria akan berhadapan dengan Ko Sung Hyun/Kim Ha Na, Korea. Terakhir di Singapore Open 2016 lalu, Edi/Gloria kalah 18-21 dan 15-21. Mereka sudah empat kali berhadapan, dan Edi/Gloria masih belum mampu mengamankan kemenangannya.

“Kami mau main maksimal dan mati-matian, yang penting kami percaya sama diri kami sendiri,” ujar Edi.

“Besok kami harus lebih bagus defendnya dan berani adu depannya. Karena kemaren kami kalah karena kena terus sama serangan mereka. Dan saya depannya harus lebih berani lagi,” tambah Gloria.

Hasil ini memastikan bahwa sudah tiga wakil ganda campuran yang aman di babak dua. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir melewati babak pertama tanpa bersusah payah, karena mendapat bye. Di babak dua Tontowi/Liliyana akan melawan pasangan tuan rumah, Xu Chen/Ma Jin.

Sementara Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti masih bertanding melawan Law Cheuk Him/Yuen Sin Ying, Hong Kong.

Lihat hasil pertandingan ganda campuran di Badminton Asia Championships 2016 selengkapnya, di sini. (*)